Sekda: Jangan Ada Kades yang Gaptek

Sebanyak 169 Kades di Merangin Ikuti Pembekalan

Senin, 25 Juli 2022 - 17:57:22 WIB

Bangko-Sebanyak 169 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Merangin secara bertahap perdaerah pemilihan (Dapil), mengikuti Pembekalan pada awal masa jabatannya, di Aula Dinas PMD Kabupaten Merangin, Senin (25/7).

Pembekalan gelombang pertama yang akan berlangsung empat hari kedepan itu, diikuti sebanyak 49 orang Kades dari dapil satu Merangin. Dari 49 orang Kades itu ada sebanyak enam orang yang tidak hadir, tanpa alasan yang jelas.

‘’Pembekalan ini dilakukan karena tidak semua Kades memahami tugas-tugasnya. Ini terlihat dari beberapa kegiatan yang telah mereka lakukan, terutama dalam pengelolaan keuangan dan asset daerah,’’ujar Sekda Merangin Fajarman.

Sekda berharap para Kades tersebut dapat mengikuti pembekalan itu dengan sebaik mungkin dan ikhlas, sehingga ilmu yang didapat dari pembekalan itu bisa diterapkan sebaik mungkin di desanya masing-masing.

‘’Kita berharap para Kades ini bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan benar dan benar. Kades memahami perundang-udangan, memahami Perbup, Kepres dan berbagai peraturan lainnya,’’pinta Sekda.

Dalam melaksanakan tugasnya lanjut Sekda, Kades harus bisa bekerjasama dengan barbagai instasi terkait, sehingga seorang Kades tidak bekerja sendiri. Kades juga bisa meningkatkan kompetensi dengan melanjutkan jenjang pendidikannya ke Universitas Terbuka (UT).

Mengapa di UT? Karena Pemkab Merangin telah melakukan Momerandum of Understanding (MoU) dengan UT beberapa hari lalu terkait pendidikan tersebut. ‘’Hanya dengan waktu 2,5 tahun sudah bisa menjadi sarjana di UT,’’terang Sekda.

Para Kades juga diminta untuk tidak gagap teknologi (Gaptek) karena akan banyak aplikasi yang digunakan dalam menjalankan tugasnya. Jadi Kades pinta Sekda lagi, harus menguasai teknologi, terlebih diera digitalisasi sekarang ini.

‘’Penguasaan Teknologi Informasi (IT) akan menjadi penunjang kinerja Kades, karena kita sudah memakai berbagai aplikasi. Kita harapkan para Kades ini bisa meningkatkan pengetahuannya terkait IT ini,’’pinta Sekda lagi. (bes)






BERITA BERIKUTNYA

loading...