Siap-siap! Kabarnya Pra Kerja Gelombang 23 Dibuka Februari 2022

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:14:05 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu memastikan, Program Kartu Prakerja masih akan dilanjutkan pada tahun 2022.

Kabarnya, Kartu Prakerja gelombang 23 akan dibuka kembali pada Februari tahun 2022.

Mengutip dari Kementerian Keuangan, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk Program Kartu Prakerja sebesar Rp11 triliun atau 4,3% dari anggaran perlindungan sosial tahun 2022.

Program Kartu Prakerja ini merupakan inisiatif strategis dari Pemerintah dan penanganan Covid-19 karena tidak hanya menjadi sarana transfer dana dari pemerintah ke masyarakat, akan tetapi juga menawarkan skill development yang dapat menjadi pondasi meraih kesempatan kerja yang lebih luas.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, pada semester 1 pelaksanaan program Kartu Prakerja akan menggunakan sistem yang sama, yakni skema semi bansos Pelatihan Online.

"Anggaran di tahun 2022 akan sebesar Rp11 Triliun, dan di semester 1 masih menggunakan sistem yang sama, yaitu semi bansos," kata Airlangga, Rabu 19 Januari 2022.

Sementara untuk semester 2 pelaksanannya akan menggunakan dengan sistem hybrid, baik secara Offline  maupun Online.

"Sementara di semester 2 akan dijalankan secara hybrid, baik offline maupun online," ujarnya.

Kemudian untuk skema normal, berupaya untuk peningkatan kompetensi dengan bantuan pelatihan yang lebih besar dan insentifnya juga.

Airlangga juga menjelaskan, bahwa pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 tetap dilakukan melalui www.prakerja.go.id. Pembukaan Pendaftaran Program Kartu Prakerja 23 akan dibahas dan diputuskan di dalam rapat komite dalam waktu dekat.

"Gelombang 23 akan dibahas dan diputuskan dalam rapat komite dalam waktu dekat," ungkapnya.

Airlangga juga mengatakan jumlah peserta yang akan mengikuti sekitar 3 hingga 4,5 juta orang secara total.

Ia juga mengatakan, Program Kartu Prakerja gelombang 23 akan diumukan pada awal atau akhir Februari Tahun 2022.

"Tentunya nanti di sekitar akhir ataupun awal Februari, kita akan umumkan kapan Gelombang 23 akan di mulai," pungkasnya.(fin)






BERITA BERIKUTNYA

loading...