Dua Kabupaten Kota Masih Zona Orange

Sabtu, 20 Maret 2021 - 09:27:13 WIB

Bangko-independent.com – Penularan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Jambi sudah mulai berkurang. Tak ada lagi zona merah. Sembilan kabupaten kota masuk dalam zona kuning atau dengan penularan rendah.

 

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan 9 kabupaten kota tersebut yakni Kabupaten Kerinci, Kabupaten Bungo, Kabupaten tebo, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjab Timur dan Kota Jambi.

 

“Zona merah sudah tidak ada lagi, kini tingga zona kuning dan zona orange saja,” kata dia, Jumat (19/3). Untuk zona orange atau dengan penularan sedang, kini ada di Kabupaten Tanjab Barat dan Kota Sungaipenuh. “Upaya pencegahan dan penularan yang lebih luas kita lakukan bersama tim satgas di kabupaten kota,” tambahnya.

 

Meski demikian, masyarakat harus tetap mengikuti prokes, meski penularan Covid-19 di Jambi mulai rendah, namun hampir setiap hari selalu bertambah. Setidaknya selalu menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

 

Kali ini saja, terdapat 32 orang yang baru saja dinyatakan positif Covid-19, sehingga total kasus saat ini mencapai 5.867 kasus. Kini tim satgas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi langsung mengisolasi pasien yang baru saja dinyatakan positif Covid-19. inventarisir kasus Covid-19 terus dilakukan.

 

Ini upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Provinsi Jambi. “Kita masih melakukan tracing pada keluarga terdekat pasien sebelumnya dan yang berkontak langsung dengan mereka,” sebutnya.

 

Kemudian, saat ini juga terdapat 15 pasien Covid-19 yang baru saja dinyatakan sembuh. Sehingga total pasien sembuh di Jambi saat ini mencapai 4.792 orang. Dengan demikian, kini tinggal 986 pasien yang masih dirawat.

 

Pasien yang baru saja sembuh sudah dipulangkan ke rumahnya. Pasalanya, gejala Covid-19 pada pasien sudah tidak ada lagi.

 

“Kita terus menghimbau kepada pasien untuk sementara ini mengisolasi diri dulu di rumah,” ungkapnya. Kemudian, pasien dapat dinyatakan sembuh setelah hasil swab dinyataka negatif dua kali. Dia berharap, pandemi Covid-19 di Provinsi Jambi segera berlalu dan masyarakat tak lagi khawatir.

 

Kemudian, untuk saat ini terdapat 89 pasien Covid-19 yang telah meninggal dunia, pasien yang telah meninggal tersebut dimkamkan dengan protokol kesehatan agar tak menularkan dengan masyarakat lainnya yang melakukan pengurusan jenazah.

 

Kemudian saat ini juga terdapat 92 suspek di Provinsi Jambi. Untuk Rincian suspek tersebut yakni, Kabupaten Kerinci ada 4 suspek. Selanjutnya untuk Kabupaten Bungo ada 6 suspek, dan Kabupaten Tebo ada 14 suspek, Sungaipenuh 11 suspek dan Kabupaten Muarojambi 1 suspek.

 

Selanjutnya di Kabupaten Sarolangun 1 Suspek, Kabupaten Batanghari ada 0 suspek, Kota Jambi ada 54 suspek dan Kabupaten Tanjab Timur ada 2 suspek. (slt)






BERITA BERIKUTNYA

loading...