Nelayan Diminta Waspada dan Siapkan Alat Safety

Gelombang 2,5 Meter Ancam Pesisir Timur

Rabu, 13 Januari 2021 - 10:17:10 WIB

KUALATUNGKAL - Cuaca ekstrim dan angin kencang beberapa hari terakhir menyebabkan gelombang tinggi di wilayah Pesisir Timur Provinsi Jambi atau sering disebut laut Cina Selatan. Diprediksi masih akan terus berlangsung hingga Februari 2021.

 

Kepala BPBD kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Zulfikri, menyebutkan bahwa hingga Februari potensi gelombang tinggi masih akan terjadi. Hal ini juga diimbangi dengan curah hujan yang tinggi sering terjadi dan disertai angin.

 

Ia menyebut bahwa gelombang tinggi berpotensi terjadi dengan ketinggian 1 sampai 2,5 meter dari dasar permukaan laut. "Saat ini masih ancaman tinggi gelombang patut di waspadai, peluang hujan sampai februari masih berpotensi dari sedang sampai lebat," sebutnya.

 

"Kita juga minta nelayan yang beraktifitas dilaut untuk terus waspada mengingat gelombang tinggi antara satu sampai dua setengah meter di pesisir timur ini," tambahanya.

 

Nelayan diminta melengkapi alat pelindung diri sebagai antisipasi, jika terjadi cuaca buruh dan gelombang selama melaut. Menurutnya selama ini nelayan kurang memperhatikan kelengkapan safety untuk melindungi diri.

 

"Kita minta jangan abai lagi, selama ini rata-rata nelayan kita kurang safety, dia modal yakin saja karena sudah biasa, jarang lengkapi komponen-komponen pelindung, jadi kita himbau lengkapi itu, untuk kebutuhan melindungi diri sendiri juga,"imbau Zulfikri.

 

Zulfikri juga minta masyarakat waspada terhadap longsor dan banjir. Meskipun disebutkan oleh Zulfikri, banjir yang terjadi tidak terlalu lama.

 

"Juga untuk daerah-daerah bantaran sungai pengabuan, waspada peluang banjir dan longsor. Walaupun banjir yang terjadi tidak lama, tapi tetap kita minta jangan sampai ada korban, terutama anak-anak juga kita minta orang tua untuk berhati-hati," pungkasnya. (rul/ira)






BERITA BERIKUTNYA

loading...