Masyarakat Jangan Termakan Hoaks

Awas Vaksin Palsu

Kamis, 07 Januari 2021 - 10:01:53 WIB

JAMBI – Untuk menghindari adanya vaksin palsu atau plasebo, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi meminta kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan berita hoaks. Pasalnya, Vaksin Sinovac ini memang salah satu program dari pemerintah secara resmi.

 

Plt Kadis Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar mengatakan vaksin tersebut juga telah dilakukan uji dengan tim pakar. Setelah vaksin tersebut siap, langsung didistribusikan ke setiap daerah. “Kalau kita terima vaksin yang telah siap pakai,” kata dia, Rabu (6/1).

 

Lanjutnya, untuk saat ini masyarakat belum sepenuhnya mengetahui vaksin Covid-19 seperti apa. Maka, untuk mengantisipasi terjadinya kekeliruan, masyarakat harus mengikuti pemerintah. Jangan mudah percaya jika nantinya ada pihak swasta yang meanawarkan vaksin.

 

“Ini memang resmi dari pemerintah, kita sudah programkan dan pendataan siapa yang di vaksin, bahkan ini tidak ada di pihak swasta yang mengambil keuntungan,” tambahnya.

 

Kemudian pihaknya nantinya saat melakukan pendataan akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka tak merasa takut dengan adanya program vaksin tersebut.

 

Kata Raflizar, agar tetap aman, vaksin ini hanya ada di petugas kesehatan dan rumah sakit rujukkan Covid-19 yang akan didistribusikan. “Tak mungkin ada di swasta, karena memang semuanya terprogram,” sebutnya.

 

Sebelumnya, vaksin Covid-19 untuk Provinsi Jambi sudah tiba di Jambi dengan pengawalan ketat oleh pihak kepolisian pada Senin (4/1) kemarin sekira pukul 18.00. Vaksin tersebut dibawa meggunakan mobil colt diesel dan dikawal.

 

Setelah tiba, vaksin siap didistribusikan ke kabupaten kota. Rencana akan didistribusikan pada 7 Januari. Vaksin tersebut disimpan di Gudang Balai obat yang jalan Ade Irma Suryani Nasution nomor 65, Kecamatan Telanaipura. (slt)






BERITA BERIKUTNYA

loading...