Masih Tunggu Mekanisme Penyuntikan

Selasa, 05 Januari 2021 - 09:29:27 WIB

JAMBI – Belum diketahui pasti, berapa jumlah vaksi yang akan dibagikan di kabupaten/kota Provinsi Jambi. Ini senada yang dikatakan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha. Pihaknya saat ini masih menunggu instruksi lebih lanjut terkait pembagian serta mekanisme penyuntikan vaksin tersebut di Kota Jambi.

 

Yang jelas katanya, tenaga kesehatan menjadi prioritas pada tahap pertama pemberian vaksin oleh pemerintah pusat ini. Sementara untuk pejabat di lingkungan Pemkot Jambi, seperti yang dikatakannya beberapa waktu lalu, juga masih menunggu aturan yang jelas.

 

“Belum ada pemberitahuan dari Pemprov Jambi. Sebelumnya kami kepala daerah pernah rapat bersama Mendagari dan Menkopolhukam. Pada tahap pertama ini prioritas adalah tenaga kesehatan, TNI-Polri dan pelayanan masyarakat,” jelasnya.

 

“Untuk pejabat kota, kami belum mendengar ada prioritas. Yang pasti divaksin di usia 18-50 tahun,” jelasnya. Lanjutnya, dimungkinkan usia yang di bawah 18 tahun dan 50 tahun akan divaksin pada tahap kedua mendatang. Sementara mengenai penangan Covid-19 pada tahun 2021 ini, Fasha memastikan belasan rumah sakit yang ada di Kota jambi tetap stand by.

 

“Tidak ada masalah untuk di Kota Jambi. Kami yakinkan tidak ada penambahan lagi, kalau ada itu adalah data-data lama dari kalster keluarga,” sebutnya.

 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana turut mengatakan hal yang sama. Kata dia, mekanisme penyuntikkan vaksin ini sudah diatur oleh pemerintah pusat. Yakni mereka yenaga kesehatan yang telah terdaftar berdasrakan NIK.

 

“Untuk lokasinya di mana, nanti sesuai dengan data yang sudah terverifikasi. Sesuai dengan tahapan-tahapan yang ditetapkan pemerintah pusat. Nanti Pemprov akan berkoordinasi dengan kota mengenai mekanismenya,termasuk pendistribusiannya,” jelas Maulana.

 

Lanjutnya, mengenai tempat penyimpanan vaksin, pihaknya sudah siap. “Ruang penyimpanan lantai dingin di Dinkes kita ready,” pungkasnya. (zen)






BERITA BERIKUTNYA

loading...