Pemkab Bungo Larang Perayaan Tahun Baru

Selasa, 22 Desember 2020 - 12:59:48 WIB

MUARABUNGO - Pemkab Bungo resmi melarang kegiatan perayaan malam Tahun Baru 2021. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Bungo Nomor 740 /1142 / Kesra, tentang Peraturan Bupati Bungo no 48 tahun 2020 mengenai disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 Dikabupaten Bungo. Ini juga merupakan hasil keputusan rapat Forkompinda Kabupaten Bungo pada tanggal 17 Desember 2020.

 

Dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Bungo, perayaan ibadah Natal agar dilakukan dengan protokol kesehatan dan sidang gereja dilakukan virtual. Sebagai mana diatur oleh persatuan gereja-gereja seluruh Indonesia. Kemudian tidak diperkenankan untuk melakukan acara perayaan kegiatan malam pergantian Tahun Baru 2020 - 2021 di Kabupaten Bungo. 

 

?

 

Dilarang menyelenggarakan pesta perayaan Tahun Baru dan sejenisnya di dalam dan/atau di luar ruangan, tertera dalam surat edaran bupati Bungo yang dikeluarkan pada Senin, (21/12) kemarin.

 

Adapun, aturan tersebut berlaku bagi setiap orang, kegiatan operasional pelaku usaha restoran, usaha pariwisata atau usaha lainnya. Agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan atau adaptasi kebiasaan baru, sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan.

 

?

 

Sementara untuk kegiatan selain yang dilarang, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dengan 4M. Yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, atau dengan hand sanitizer, membatasi interaksi fisik dan selalu menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun, serta membatasi aktivitas di tempat umum/keramaian.

 

“Kepada Camat, Kepala Desa/Lurah, pemerintah desa bersama pihak Polri dan tergabung dalam tim Satgas Penanganan Covid-19 agar melaksanakan tugas pengawasan, dan menjamin tidak terjadinya kerumunan serta menindak tegas sesuai ketentuan apabila terjadi pelanggaran protokol kesehatan,” ujar Wabub Bungo, Safruddin Dwi Apriyanto.

 

?

 

Dalam kesempatan itu, dia juga menyebutkan, Pemkab Bungo terus mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi aturan. Oleh karena itu, jangan membuat acara pergantian tahun dengan menimbulkan kerumunan.

 

“Mari kita jaga kesehatan dengan cara mematuhi prokes Covid-19. Karena situasi masih pandemi, jadi tak perlu membuat acara- acara yang di luar rumah. Tetap memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak,” tandasnya. (mai/enn)

 

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...