Gempa Sumbar Terasa di Merangin

Gempa Sumbar Terasa di Merangin

Rabu, 18 November 2020 - 11:28:58 WIB

BANGKO - Gempa bumi dengan magnitudo 6,3 mengguncang wilayah Sumatera Barat, pada Selasa (17/11) sekitar jam 08.44. Ini ternyata juga dirasakan kuat di Kabupaten Merangin.

 

Sejumlah penghuni Rusunawa yang masih berada di sana, merasakan goncangan gempa. Warga pun panik dan berhamburan berusaha keluar dari Rusunawa, dengan ketinggian gedung mencapai 5 lantai tersebut.

 

?

 

“Gempo (gempa, red) ... Gempo ... Mati banyak kito kalau gedung ini rubuh,” ungkap Rabu, penghuni Rusunawa lantai 5. Kata dia, begitu merasakan goyangan, mereka langsung berhamburan keluar gedung.

 

Bahkan ada beberapa beberapa orang yang keluar tanpa baju dan juga ada yang terjatuh dari tangga namun tidak fatal.

 

?

 

Dikatakan Rabu, gempa yang dirasakan tersebut tidak berlangsung lama. Hanya berdurasi tidak sampai satu menit, akan tetapi membuat penghuni rusunawa dan dirinya sangat panik.

 

"Gemponyo bentar cuma, tapi kuat. Kami be mau turun tangga sempoyongan. Hampir 15 menit kami di bawah belum ada yang berani naik. Untung saat gempa terjadi waktu orang sudah berangkat kerja, jadi saat turun tangga tidak berdesakan. Semoga tidak ada gempa susulan," kata dia.

 

?

 

Di tempat lain gempa ini bukan hanya dirasakan kuat oleh penghuni Rusunawa. Sejumlah pegawai Dinas Kominfo Merangin, juga merasakannya. Apalagi kondisi kantor tepat berada di pusat ketinggian Jam Gento.

 

"Yo kami lagi baru masuk sudah duduk di meja kerja masing-masing. Sesaat ada yang berteriak gempo, maka sejumlah pegawai lansung berdesakan turun ke bawah mencari tempat aman," singkat Teguh, salah satu pegawai Kominfo Merangin saat dikonfirmasi usai gempa berlansung.

 

?

 

Dari keterangan BMKG, gempa berada di koordinat 2.87 Lintang Selatan dan 99.08 Bujur Timur atau sekira 109 kilometer barat daya Tuapejat, Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer dan tidak menimbulkan tsunami. (min)






BERITA BERIKUTNYA

loading...