Head to Head di Debat Kandidat

Tak Boleh Demam Panggung

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:37:07 WIB

JAMBI – Debat kandidat putaran pertama, tinggal empat hari lagi. Sabtu (24/10) nanti, tiga calon Gubernur Jambi akan berada di satu panggung. Mereka bakal unjuk kebolehan visi dan misi. Head to head pada debat yang akan dilaksanakan di salah satu hotel Kota Jambi.

 

Ketiga kandidat rupanya sudah siap untuk mempresentasikan visi misi mereka. Bakal ada saling tanya, saling kritik, di panggung yang akan disiarkan secara langsung. Masyarakat Provinsi Jambi bisa melihat kemampuan jagoannya dalam debat kandidat tersebut.

 

?

 

Nah, bagaimana persiapan para kandidat untuk menghadapi debat kandidat putaran pertama? Sesuai jadwal, debat kandidat akan dilaksanakan sebanyak tiga kali. Tanggal 24 Oktober adalah sebat pertama, untuk calon gubernur. Kemudian, 21 November debat kedua untuk calon wakil gubernur, dan 5 Desember untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

 

?

 

Pasangan calon nomor urut 1, Cek Endra (CE) – Ratu Munawaroh, sudah sangat siap menghadapi debat pertama ini. CE merupakan Bupati Sarolangun dua periode. Desi Arianto, Juru Bicara CE – Ratu mengatakan, dalam debat yang akan membahas mengenai potensi daerah dan kesadaran hukum ini, CE sudah sangat siap berada di arena.

 

“Waktu kita rapat persiapan kemarin dengan KPU, kita usulkan tema debat sesuai dengan tupoksi gubernur dan wakilnya. Karena ketika terpilih, maka hal itu akan melekat dengan kewenangan itu. Ketika ada pemisahan kewenangan, akan terlihat peran masing-masing yang akan berimplikasi terhadap kebijakan,” katanya.

 

?

 

Dia mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat putaran pertama itu. Karena CE – Ratu sudah punya visi dan misi serta program unggulan. Sehingga ketika tema diangkat, maka CE – Ratu tinggal membedah visi dan misi sesuai tema.

 

“Pedomannya visi misi, penguatan data, realisasi di lapangan. Calon gubernur harus menguasai kendala yang sedang dialami. CE sudah hampir tiga periode memimpin Sarolangun, Ratu 10 tahun mendampingi seorang gubernur. Kita tahu CE adalah seorang motivator. Insya Allah dalam menyampaikan visi misi, beliau bisa menyampaikan dengan baik. Karena beliau sangat komunikatif, dan menyampaikan segala sesuatu dengan runtut. Mudah-mudahan dengan kemampuan itu, bisa menyampaikan pesan ke pemilih, bahwa CE – Ratu adalah pasangan yang layak dan pantas memimpin Jambi,” katanya. 

 

Sementara itu, Syaiful Roswandi, juru bicara calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 2, Fachrori Umar – Syafril Nursal, juga memastikan tidak ada demam panggung bagi Fachrori – Syafril untuk tampil di arena debat.

 

Dia mengatakan, dalam penyampaian visi dan misi pada saat debat nanti, tidak terlepas dari program yang saat ini sedang berjalan. Yang menyentuh kepentingan masyarakat, tetap akan dilanjutkan Fachrori Umar dan Syafril Nursal.

 

“Tidak ada persiapan yang dikhawatirkan, karena pasangan Fachrori - Syafril sudah berpengalaman. Apalagi Fachrori sudah pengalamanan memimpin Jambi. Sebagai calon atau kandidat saat ini, tidak ada istilah pembagian kewenangan. Kalau sudah jadi, baru ada pembagian kewenangan. Artinya pengalaman sebagai paslon, beliau sudah memahami visi dan misi program secara utuh,” katanya.

 

?

 

Syaiful mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat kandidat ini. Karena Fachrori dan Syafril sudah terbiasa menghadapi hal itu. “Tidak ada demam panggung. Sudah sangat siap, sudah sangat matang,” paparnya.

 

Selanjutnya, Hasan Mabruri, juru bicara calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3, Al Haris dan Abdullah Sani mengatakan, Al Haris dalam debat tersebut tentunya akan mempertajam visi dan misinya. Agar program-program strategis nanti bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

 

“Yang jelas beliau selama kampanye sudah menyampaikan program ke masyarakat. Masyarakat bisa menilai, program beliau sangat menyentuh langsung. Bisa bermanfaat untuk kemajuan Provinsi Jambi mendatang,” katanya.

 

?

 

Tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi debat pertama ini. Karena, menurut pria yang akrab disapa Bohok ini, Haris sudah menjadi Bupati Merangin selama dua periode. Tentunya debat kandidat adalah hal yang sudah pernah dijalaninya sebelumnya.

 

“Beliau adalah Bupati Merangin dua periode. Tentu tingkat kematangan beliau sudah pas, beliau sudah siap menghadapi debat kandidat nanti,” tandasnya. (enn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...