Menyusul Jalur Jambi-Rengat

Tol Betung-Jambi Ditunda

Kamis, 18 Juni 2020 - 11:40:00 WIB

JAMBI – Semula pembangunan jalan tol yang akan dibangun di Provinsi Jambi, difokuskan pada wilayah Betung, Sumatera Selatan ke Jambi. Namun rencana itu gagal, karena belum selesainya design peta lokasi sehingga belum bisa dibangun lebih awal.

“Memang rencana prioritas kemarin yakni Betung, Tempino Jambi. Kebetulan memang beda sedikit, persoalan designnya yang selesai Jambi ke Rengat Pekan Baru,” kata Ilham, Koordinator Lahan Pembangunan Jalan Tol, Rabu (17/6).

Kata dia, ini sebenarnya tak menjadi persoalan. Pasalnya persoalan design peta atau lokasi tempat pembangunan jalan tol tersebut, dapat segera diselesaikan dalam waktu dua minggu. “Untuk pengadaan tanah Betung Jambi ini sebentar lagi selesai, jadi nanti simultan bisa saja bersamaan,” tambahnya.

Padahal sebelumnya pembangaunan jalan tol dari Betung ke Tempino Jambi tersebut sudah dibahas oleh Pemprov Jambi dan DPR RI di Komisi XI. Yang nantinya pembebasan lahan akan diselesaikan pada tahun ini, kemudian tahap pekerjaan di tahun 2021 hingga 2024 mendatang telah diselesaikan pembangunannya.

Sementara itu, design atau penentuan lokasi telah diselesaikan dan diserahkan ke Gubernur Jambi, kemarin sekira pukul 14.00. “Kita hanya mendampingi,” sebutnya.

Ilham yang merupakan investor dari Hutama Karya dalam pembangunan jalan tol tersebut menyebutkan, total pembangunan jalan tol Jambi-Rengat total sepanjang 198 kilometer, namun untuk daerah Jambi sendiri ada 116,5 kilometer yang melewati dua kabupaten yakni Muarojambi dan Tanjab Barat.

“Nanti akan menghubungkan Betung Jambi, dan Jambi ke Rengat yang akan membentuk seperti jalan lingkar. Karena tol tidak boleh masuk kota, jadi melewati pinggir kota yang masuk dalam Kabupaten Muarojambi,” ungkapnya.

Kata Ilham, untuk titik wilayah yang akan di bangun jalan tol tersebut yakni Kecamatan jambi Luar Kota, Kecamatan Sekernan, selanjutnya nyambung ke Kecamatan Muara Papalik, Tungkal Ulu, Tebing Tinggi dan Batang Asam dan langsung ke Rengat Pekan Baru.

“Kita mengusahakan 2024 semuanya sudah tersambung, termasuk tol Betung Tempino Jambi,” tandasnya. Sementara Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengatakan bahwa percepatan pembangunan jalan tol Sumatera khusunya Jambi ini sangat mendukung dalam perecepatan pembangaunannya.

“Berharap pelaksanaan jalan tol Jambi ini bisa memberiakan dampak yang sangat baik dan meningkatkan konektifitas keterhubungan antar daerah yang memberikan dampak ganda pada sektor perekonomian,” kata dia.

Dengan demikian pihaknya juga berharap kepada OPD Pemprov Jambi untuk segera menindaklanjuti hal tersebut. Diketahui untuk pembebasan lahan jalan tol ini akan menggunakan dana APBN. Selanjutnya seletah pengadaan tanah telah selesai maka akan langsung pengerjaan fisik dan pembangunan. (slt)






BERITA BERIKUTNYA

loading...