Bupati Merangin Terima Penghargaan Indonesia Visionary Leader

Kamis, 27 Februari 2020 - 23:17:16 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.CIM, BOGOR -Bupati Merangin H Al Haris kembali mendapat penghargaan. Kali ini penghargaan diberikan oleh Sindo Media karena inovasi dalam program Partisun.

Penyerahaan penghargaan Indonesia Visionari Leader ini langsung diserahkan oleh Irjen Kemendagri, Tumpak Haposan Simanjuntak di Hotel Lido Bogor.

Sebelum mendapat penghargaan, Bupati Merangin Al Haris terlebih dahulu pada 19 November 2019 menjalani paparan terkait visi misi unggulan yaitu Partisun dihadapan Dewan Juri yang dari Kementrian Dalam Negeri. Dewan juri menilai program Partisun sangat efektif dalam menyelesaikan permasalahan di Desa. Akhirnya dewan juri memberikan piagam penghargaan Indonesia Visionary Leader.

Penghargaan ini diterima oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Merangin Haidir. Kabag Humas dan Protokol Setda Merangin Haidir mengatakan ia mewakili Bupati Merangin untuk menerima penghargaan program Indonesia Visionary Leader dengan kategori "Best Inovation on Indigenous People Empowerment Visionary Leader" (Inovasi Terbaik Tentang Pemberdayaan Masyarakat Adat).

"Setelah melakukan kompetensi dalam inovasi kepemimpinannya di daerah. Dimana pak Bupati memaparkan tentang program-program yang telah dilakukannya di Merangin termasuk program Partisun. Alhamdulillah kita sangat bangga kepada Bupati Merangin karena setelah menciptakan inovasi dalam pemerintahan," ucap Haidir.

Terpisah Sururi Al Faruq, CEO Sindo Media mengatakan, pihaknya tidak hanya memberikan penghargaan saja tetapi bisa juga memberikan sumbangsih kepada Negara ini. 

"Karena suara- suara daerah melalui visi misi setiap kepala daerah ini harus bisa di komunikasikan ke seluruh daerah, sehingga dari daerah nanti bisa melahirkan pemimpin - pemimpin yang berkualitas yang akhirnya bisa go Nasional dan Internasional," paparnya.

Selain itu Dewan Juri dari Kementrian Dalam Negeri yang di ketuai Dirjen Otda Akmal Malik menjelaskan jika hasil penilaian keterpilihan ini bukan hal yang ujung -ujung saja. Tetapi diawali dari suvey dengan jeli oleh tim Sindo.

"Ini menjadi inspirasi kami di Otda, dimana sekarang tengah melakukan moratorium terhadap penilaian kinerja pemerintahan daerah. Kita ingin ada evaluasi terhadap kepemimpinan di Daerah yang lebih objektif lagi,dimana yg menilai nanti bukan Kemendagri lagi tetapi pihak independent," ucap Dirjen Otda.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 24 Gubernur, Walikota dan Bupati se Indonesia termasuk  Bupati Merangin.

Irjen Kemendagri menjelaskan jika penilaian Indonesia Visionary Leader ini dalam mengukur birokrasi Pemerintah Daerah menggunakan pariabel yang objektif.

"Penghargaan ini adalah penghargaan yang bergengsi dan nantinya bisa memberikan pembelajaran kepada Kemendagri," pungkasnya. (hms/din)






BERITA BERIKUTNYA

loading...