Diserahkan MenPAN-RB RI

Raih Penghargaan SAKIP Award 2019

Selasa, 11 Februari 2020 | 09:58:34 WIB | Dibaca: 76

TERIMA : Bupati Merangin H Al Haris usai menerima Penghargaabn SAKIP Award 2019 dari MenPAN-RB.
TERIMA : Bupati Merangin H Al Haris usai menerima Penghargaabn SAKIP Award 2019 dari MenPAN-RB.

BANGKO-INDEPENDENT.COM, MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin kembali meraih penghargaan. Kali ini Pemerintah Kabupaten Merangin meraih penghargaan dari Kementrian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam bidang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada tahun 2019.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menpan RB, Cahyo Kumolo di Radisson Hotel Kota Batam, Senin (10/2) sekitar pukul 09.00 WIB. Mentri Dalam Negeri menilai jika Kabupaten Merangin dalam melaksanakan evaluasi berpedoman pada Peraturan Mentri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 12 tahun 2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi sistim akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Dalam penilaian tersebut Kabupaten Merangin mendapat nilai 66,75 atau predikat B. Penilaian tersebut menunjukan tingkat efektifitas dan efesiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaran pemerintah yang berorientasi hasil pada pemerintah Kabupaten Merangin sudah menunjukan hasil yang baik.

Meski sudah dianggap baik, namun Menpan RB merekomendasikan kepada Kabupaten Merangin untuk terus membenahi sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.Ada lima indicator yang harus dibenahi oleh Kabupaten Merangin,yaitu melanjutkan perbaikan sasaran dan indikator kinerja serta dengan memperhatikan ketepatan kinerja sesuai level jabatan.

Meningkatkan pemahaman saluran aparatur tentang menejemen kinerja serta memperkuat keterlibatan pimpinan PD sehingga mampu meningkatkan penerepan menajemen kinerja organisasi,menyempurnakan penyusunan cascade kinerja,pembangunan dan pengembangan aplikasi menajemen kinerja mencakup perencanaan,penganggaran dan pelaporan kinerja.Memperbaiki data yang ada di laporan kinerja agar laporan tersebut tidak hanya mengungkapkan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran.

Bupati Merangin H Al Haris usai menerima penghargaan menjelaskan jika penghargaan yang diterima Kabupaten Merangin merupakan penilaian untuk semua element. Hal ini sebagai indikator apakah semua yang dibuat oleh Pemerintah baik dari sisi program, anggaran dan juga pelakunya SDM apakah sudah efektif dan efisien.

“Saya berharap dari tahun ke tahun Kabupaten Merangin semakin hari semakin membenahi sistim SAKIP nya. Kita akan mengajak semua elemen mulai dari Camat, Kelapa Bagian, Kepala Dinas betul-betul menguasai dan kemana arah SAKIP kita, tujuan apa, SDM semua yang dibutuhkan,” ucap Bupati.

Selain itu Bupati menambahkan jika ada peningkatan SAKIP dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Merangin meraih nilai 63,55 dan tahun 2019 mendapat nilai 66,75.

“Kita mengajak seluruh elemen yang terkait dengan SAKIP ini untuk bekerja lebih giat lagi dan bisa meraih nilai yang lebih baik lagi. Hasil akhirnya tentu berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (hms)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...