Sat Pol PP Bakal Lelang Ternak Warga

Senin, 03 Februari 2020 - 10:09:59 WIB

Ternak yang diamankan anggota Satpol PP Tebo. Photo lain razia ternak sedang dilakukan.
Ternak yang diamankan anggota Satpol PP Tebo. Photo lain razia ternak sedang dilakukan.

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  Muaratebo- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja(Sat Pol PP) Kabupaten Tebo Taufik Khaldy menegaskan, pihaknya segera melelang bintang ternak warga hasil razia yang dilakukan oleh anggotanya di lapangan. Pemilik ternak hanya diberikan waktu 3 hari untuk menebus hewan ternak miliknya dengan denda yang sudah tertuang di Perda Ternak.

“ Kalau denda, Kambing Rp 250 ribu dan Sapi/Kerbau RP 500. 000 ribu/ ekor dan ditambah uang rumput sehari Rp 25 ribu Kambing dan Rp 50 ribu Kerbau,” ungkapnya.

Untuk mempermudah pelelangan binatang ternak tidak diambil Satpol PP akan menitipkan hasil razia di Rumah Potong Hewan (RPH) Tebo.

“Ini dengan mudah akan kita lakukan pelelangan bila tidak dijemput pemilik. Hasilnya masuk ke APBD Tebo,” ungkapnya.

Dia juga berjanji akan terus melakukan razia, untuk hasil razia pada Kamis (30/1), ada 3 ekor sapi dan 11 kambing yang berhasil diamankan.    

 

Apakah pemilik ternak sudah memahami Perda ternak yang sudah disahkan, Taufik mengakui sudah terus melakukan sosialisasi kepada warga dan sudah berkali-kali dilakukan penertipan.

Namun, warga juga tidak sadar hal tersebut. Tambah  Taufik lagi, kepada pemilik ternak mohon saling menjaga. Jangan lagi ada ternak yang berkeliaran. 

"Kalau bisa dikandangkan.  Kasian orang atau tetangga yang punya tanaman," pungkasnya. (abu)






BERITA BERIKUTNYA

loading...