2020 Semua Dusun Bisa Pencairan

Mekanisme Pencairan DD Diubah

Senin, 27 Januari 2020 - 07:25:11 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, Muarabungo – Memasuki tahun anggaran 2020 sistem pencairan Dana Desa(DD) diubah. Bila sebelumnya pencairan dengan system 20 persen tahap pertama, lalu dilanjutkan masing-masing tahap kedua dan ketiga 40 persen memasuki tahun anggaran 2020 syistem itu dibalik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dusun(PMD) Taufik Hidayat mengungkapkan, bahwa Kementerian Keuangan mengubah syistem pencaiaran dibalik menjadi 40 persen tahap pertama. 40 lagi di tahap kedua dan terakhir tahap ke tiga hanya 20 persen.

“Beda dikit saja, sekarang 40,40 dan 20. Kalau Dulu 20, 40 dan 40,” ujar Taufik.

Alasannya kata Taufik pemerintah pusat ingin realisasi kegiatan di dusun dilakukan secepat mungkin. Sehingga harus didukung oleh realisasi anggaran yang besar di awal. Itu katanya untuk antisipasi agar semua anggaran terserap jelang tutup tahun.

Untuk mencapai target itu, pihaknya juga mengupayakan pencairan dana desasudah dimulai di akhir Januari nantik. Namun pencairan sangat tergantung dengan kesiapan dusun untuk memenuhi persyaratan. Yaitu Anggaran Pendapatan Belanja Dusun (APBdus) dan laporan realisasi keuangan.

“Kalau duo tu sudah masuk Insya Allah sudah biso kito cairkan,” ucap Taufik.

Taufik juga memastikan semua dusun di Kabupaten Bungo tahun ini bisa mencairkan dana desa. Memasuki tahun anggaran 2020 katanya tidak ada lagi dusun yang bermasalah dan itu berdampak pada pencairan.

Kalau di 2019 lalu sambungnya memang ada. Tapi sudah diselesaikan. ”Dusun yang tidak bisa menerima dak ado. Semua dapat. Kito sudah pastikan itu,” pungkas Taufik. (slt)






BERITA BERIKUTNYA

loading...