Trans Jawa Mulai Padat

Sabtu, 21 Desember 2019 - 11:56:52 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  JAKARTA - Jumlah kendaraan dari Jakarta yang mengarah ke Trans Jawa melalui Tol Jakarta-Cikampek meningkat 25 persen dari kondisi normal. Pengendara yang ingin berlibur ke luar daerah, diminta untuk cermat dalam memilih jalur.

Dari data PT Jasa Marga (Persero), kendaraan yang melintas arah Trans Jawa berjumlah 13.910 unit. Ini meningkat dari situasi normal 11.106 unit atau sekitar 25 persen.

Jumlah ini dihitung melalui gerbang transaksi di Cikarang Utama II pada shift 1 mulai pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB.

”Peningkatan jumlah kendaraan ini terjadi bertepatan dengan berlangsungnya libur Natal dan Tahun Baru 2020,” terang Humas Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek Hendra Damanik di Jakarta, Jumat (20/12).

Sementara kendaraan yang mengarah ke Jakarta pada waktu yang sama tercatat 9.098 unit atau meningkat dari kondisi normal sebanyak 8.072 unit kendaraan."Peningkatan kendaraan ke arah Jakarta berkisar 13 persen," katanya.

Kepadatan ruas jalan juga terjadi di sejumlah titik. Cek saja Jalan Layang Jakarta-Cikampek (Elevated). Terjadi antrean kendaraan di jalur masuk dan keluar Tol Layang dipicu pengerjaan pelebaran jalan dan tempat istirahat (rest area).

General Manager Traffic PT Jasa Marga Jalan Layang Jakarta-Cikampek, Aprimon, mengatakan, kepadatan di area Cikunir (Kota Bekasi) karena sedang ada pelebaran di lajur kanalisasi jalur Jatiasih dan dua jalur arah Rorotan. Kegiatan pelebaran jalan itu berkaitan dengan pelayanan libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kita upayakan beberapa titik selesai. Memang sisa dua lajur yang masih dikerjakan, makanya terjadi antrean hingga Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR)," jelasnya.

Sedangkan antrean kendaraan di wilayah Karawang Barat dipicu keberadaan tempat istirahat KM50 Tol Jakarta-Cikampek. "Nah, untuk libur nanti kita buka sodetan di KM48, sebab setelah turun di KM50 ada rest area. Nanti saat terjadi antrean akan kita tutup (rest area)," katanya. (ful)






BERITA BERIKUTNYA

loading...