Pelanggar Helm Mendominasi

Ratusan Kendaraan Ditilang

Selasa, 29 Oktober 2019 - 07:52:50 WIB

Sarolangun Independent

BANGKO-INDEPENDENT.COM, SAROLANGUN – Memasuki hari ke enam pelaksanaan operasi zebra tahun 2019, ratusan kenderaan roda dua dan empat ditilang oleh Satlantas Polres Sarolangun. Pada operasi kali ini, pengguna roda dua dengan pelanggaran helm masih mendominasi.

Kasat Lantas Polres Sarolangun, Iptu Angga saat dikonfirmasi mengatakan, sejak 23-28 Oktober pihaknya sudah melaksanakan operasi dibeberapa titik jalan lintas Sumatera.

“Untuk total keseluruhan kenderaan yang dilakukan tindakan penilangan hingga hari ini berjumlah 427 unit kenderaan roda dua dan empat. Roda dua masih mendominasi dengan pelanggaran helm,” katanya Senin (28/10).

Selain itu, pihaknya juga menemukan puluhan kendaraan dengan kesalahan surat kendaraan tidak lengkap, pajak kendaraan mati hingga kesalahan saat berkendara. 

“Banyak kendaraan yang hanya STNK saja, pajak mati dan lain sebagainya. Untuk itu kita lakukan tindakan tilang terhadap pengendara tersebut,” paparnya.

Lanjutnya, tidak sedikit pengendara yang mencoba mengelabui petugas, hingga mencoba kabur dengan menerobos lampu merah dan melawan arah.

“Ada satu kemaren pengendara roda dua yang mencoba kabur hingga ke kebun karet warga. Akhirnya berhasil kita amankan. Dan kita pastikan mereka tidak membawa barang haram atau tindak mencurigakan lainnya. Mereka kabur karena surat kenderaan tidak lengkap,” timpalnya.

Menurutnya, operasi zebra ini sendiri bertujuan untuk melakukan penertiban terhadap para pengendara di Kabupaten Sarolangun. selain itu, juga sebagai upaya mewujudkan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Karena banyak kita temukan pengendara tidak memeliki SIM, pengendara di bawah umur, surat-surat tidak lengkap dan lain sebagainya. Ini yang biasanya menyebabkan sering terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena mereka tidak tahu aturan berlalu lintas dan belum cukup umur untuk mengendarai,” terangnya.

Dengan adanya operasi ini, dirinya berharap semua pengendara di Sarolangun taat terhadap aturan lalu lintas.

“Pengendara harus sadar akan keselamatan mengendarai serta kewajiban membayar pajak,” tuntasnya. (rin/enn)






BERITA BERIKUTNYA

loading...