H Roni, Pimpin Ketua RT 21

Kembali Diamanahkan Warga

Senin, 07 Oktober 2019 - 08:49:07 WIB

PERHITUNGAN : Panitia Pemunggutan Suara RT 21 saat melakukan perhitungan suara pada Pemilihan Ketua RT 21 Kelurahan Pematang Kandis
PERHITUNGAN : Panitia Pemunggutan Suara RT 21 saat melakukan perhitungan suara pada Pemilihan Ketua RT 21 Kelurahan Pematang Kandis

BANGKO-INDEPENDENT.COM, MERANGIN – Proses pemilihan secara terbuka dan demokratis sukses diwujudkan oleh warga RT 21 Kelurahan Pematang Kandis Kecamatan Bangko. Hal itu terlihat dari proses pemilihan Ketua RT yang diselenggarakan Panitia Pemilihan.

Meski penyelenggaannya tergolong sederhana. Namun di lingkungan RT 21 tersebut mampu menerapkan pola pemilihan langsung yang menyerupai Pilkada atau Pemilu. Malahan, sosialisasi dilakukan panitia pemilhan yang dikomandoi Suyono ini hanya dilakukan dari rumah ke rumah dengan memanfaatkan pengajian rutin serta pengumunan dari Masjid Muhajirin.

Pemilihan yang dilakukan cukup membuat antusias masyarakat yang tinggal di RT 21 antusias. Pada saat pemunggutan suara yang dilakukan door to door, masyarakat tampak bersemangat, meski hanya bersifat gotong royong. Diketahui ada enam Calon Ketua RT yang sudah dijaring oleh Panitia. Seluruh Calon tersebut dicetak khusus pada selembar kertas suara yang memiliki kemiripan dengan kerta Pemilu.

Enam calon tersebut yakni, Julisdar, Anasrun, Mas’ud, Novi Andri, R Diar Koto A dan Roni Muardi. Ke enam calon ini memiliki latar belakar pekerjaan yang berbeda, mulai dari swasta, TNI dan ASN. Namun pada perhitungan suara yang dilakukan, sang incumbent yakni H Roni Muardi kembali terpilih dan diamanahkan masyarakat untuk memimpin RT 21.

            Dari 324 suara yang diterima panitia, H Roni Muardi berhasil meraih 145 suara, sementara Anasrun hanya memperoleh 53 suara dan posisi ketiga bertengger Novi Andri dengan raihan 42 suara. Selanjutnya di posisi keempat ditempati oleh R Diar Koro A dengan raihan 37 suara serta posisi kelima ditempati Mas’ud dengan 30 suara dan Julisdar diposisi terakhir dengan 17 suara. Sedangkan hanya ada 1 suara tidak sah.

Atas perolehan suara dari warga RT 21 ini, maka H Roni Muardi selanjutnya kembali mengabdi pada Januari 2020 hingga 2023.

Dibincangi, sang peraih suara terbanyak yang juga incumbent H Roni Muardi menyampaikan RT ini bersifat sosial masyarakat. Meski dirinya kembali merasa khawatir tidak dapat melayani masyarakat secara umum, tetapi amanah tersebut juga menjadi ladang dan peluangnya untuk beribadah. “Terima kasih atas amanah dari warga RT 21. Semoga ini menjadi ladang amal untuk berbuat dan mengurus masyarakat banyak,” sebutnya.

Meski demikian, diakuinya saat menjadi Ketua RT sebelumnya masih ada beberapa program yang belum terjalankan. Program tersebut mulai dari regenerasi Poskambling, serta sejumlah kegiatan yang mengarah ke aktivitas religi serta Masjid. “Kegiatan bersifat keagamaan itu tolok ukur dari RT, karena RT tidak memiliki anggaran,” sebutnya.

Tetapi ia juga bersyukur selama menjabat sebagai Ketua RT dan kekompakan masyarakat, bisa melaksanakan dua bedah rumah. Bedah rumah ini bersumber dari swadaya masyarakat bukan dari Pemerintah. “ Alhamdulillah, itu bisa terwujud dan kedepan saya harap masyarakat lebih lagi mempererat silaturahmi baik sesama dan antar warga di RT 21,” tutupnya. (din)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...