Rumah Pintar Belum Berfungsi

Prasarana Masih Minim

Kamis, 03 Oktober 2019 - 08:53:38 WIB

SUASANA : Gedung Rumah Pintar Kabupaten Merangin yang tampak sepi.
SUASANA : Gedung Rumah Pintar Kabupaten Merangin yang tampak sepi.

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  MERANGIN - Gedung rumah pintar Kabupaten Merangin, sampai saat ini masih belum dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan non formal untuk masyarakat. Karena masih kekurangan prasarana, yakni tenaga pengajar, yakni seperti keterampilan, tataboga dan lainnya. 

Akan tetapi di Kabupaten Merangin, untuk program kegiatan tersebut belum bisa dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Yang disampai oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), muslim mengatakan Bahwasannya untuk menerapkan program tersebut menunggu Anggaran Perubahan. Begitu juga prasarana yang dibutuhkan masih kurang.

"Saat ini belum bisa untuk menerapkan program kegiatan belajar di rumah pintar. Karena dari segi perencanaan belum sempurna, khususnya prasarana atau tenaga pengajar untuk melatih peserta yang akan belajar di rumah pintar," jelasnya.

Dijelaskan oleh Muslim, program yang akan diterapkan yakni pelajaran non formal kegiatan keterampilan dan tata boga. Yang dapat diikuti oleh masyarakat terbuka dan yang putus sekolah.

"Program pelatihan di Rumah Pintar itu tahun ini memang belum ada. Seperti pelatihan tataboga, Menjahit, dan keterampilan lainnya. Jadi masyarakat yang tidak mampu dan ingin memiliki keahlian bisa mengikuti kegiatan itu sebenarnya," ujar Muslim. 

Tujuan dari kegiatan program yang ada di Rumah Pintar yaitu  untuk melatih keterampilan. Dan kedepan diharapkan, anak yang mengikuti program bisa mengembangkan dan meningkatkan kebutuhan ekonomi. 

"Kedepan mereka bisa mendapatkan keterampilan, sebagai bekal untuk meningkatkan kehidupan ekonomi," ungkapnya. 

Adanya terbengkalai program kegiatan di Rumah Pintar, sesuai dengan fungsinya. Muslim akan mengupayakan tahun 2019 kedepan, bisa aktif untuk melaksanakan kegiatan pendidikan bagi masyarakat yang membutuhkan. Khususnya bagi anak yang tinggal di lingkungan terdekat. 

"Insyaallah setelah disahkan anggaran perubahan Rumah Pintar bisa berfungsi. Dan kita akan bekerjasama dengan pihak desa atau kelurahan," pungkasnya.(why

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...