PDI P Buka Pendaftaran Cagub

Rabu, 11 September 2019 | 10:04:45 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM,   JAMBI – Kontestasi Pilkada serentak tahun 2020 untuk Gubernur Jambi sepertinya akan dimulai. Partai pemenang Pileg 2019 di Provinsi Jambi, PDI Perjuangan, akan membuka penjaringan kandidat calon Gubernur dan calon wakil Gubernur pada tanggal 9-10 September besok.

Di tingkat daerah sendiri, PDI Perjuangan sudah memulainya di Batanghari. Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan, pembukaaan penjaringan ini memberikan ruang kepada siapapun untuk mendaftar di PDIP sebagi calon Gubernur dan wakil Gubernur.

“Untuk tim sendiri sudah ditunjuk Hotman Sitanggang sebagai Ketua dan Afrioga sebagai Sekretaris tim penjaringan, lalu ada Kemuning,”kata Edi Purwanto.

Ia menjelaskan, sesuai dengan petunjuk sebelumnya, bahwa sebelum 23 September ini, DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi sudah harus menyerahkan berkas kepada DPP siapa saja yang sudah mendaftar untuk Pilkada serentak tahun 2020. Selain itu, pihaknya juga meminta kader PDIP untuk untuk ikut mendaftar dipenjaringan ini. “Silahkan juga kepada kader kita untuk mendaftar,”sebutnya.

“Nanti kita juga akan mulai melakukan survei seiring dengan mulai masuknya para pendaftar yang ingin bersama dan didukung oleh partai kita,”singkat Edi.

Sebelumnya, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Batanghari, membuka penjaringan bakal calon Bupati Batanghari 2020 mendatang. Penjaringan ini, dilakukan secara terbuka untuk umum. Ketua DPC PDIP Batanghari, Akmaluddin mengatakan pembukaan penjaringan tersebut dilakukan berdasarkan instruksi Dewan Pimpinan Pusat PDIP terhadap seluruh cabang yang masuk dalam Pilkada 2020.

“Jadi disini judulnya terbuka, artinya bagi seluruh anak bangsa yang memiliki ideologi, visi, misi sama dengan PDI Perjuangan agar ikut bergabung dalam mengikuti seleksi untuk calon Bupati, khususnya di Kabupaten Batanghari,”ujarnya.

Lanjutnya, DPC PDIP Batanghari membuka penjaringan mulai tanggal 2 sampai 12 September 2019, dan tanggal 4 sampai 16 September adalah jadwal pengembalian formulir. Dan tanggal 23 September menyerahkan berkas ke DPD.“Setelah terkumpul nama yang terjaring, kemudian akan dilakukan tahapan seleksi selanjutnya,”sebutnya.  Dikatakan dia bahwa tidak menutup kemungkinan, PDI-P Batanghari juga akan melakukan penjaringan kader sendiri. “Walaupun di Batanghari kita cuma mendapat 3 kursi tidak menutup kemungkinan kita juga akan usung sendiri, dan kalau tidak memungkinkan, kita mungkin berkoalisi, nomor satu atau nomor dua nantinya,” kata Akmaluddin.

Sementara setelah dibukanya penjaringan bakal calon Bupati Batanghari dari Partai PDI Perjuangan ini, Muhamad Hafis Fattah yang digadangkan akan maju pada pilkada Batanghari 2020. Secara langsung menyambangi Kantor DPC PDI Kabupaten Batanghari Selasa siang (3/9). Kedatangan Hafiz Fattah tidak sendirian, politikus muda ini ditemani sang istri Anita Yasmin anggota DPRD terpilih dari PAN. Kedatangan mereka, disambut baik oleh ketua DPC PDI Batanghari Akmaluddin dan seluruh pengurus DPC PDI Batanghari.

“Kedatangan saya berserta istri dan Sekjen PAN Batanghari Sasmi Irawan, M Zen dan rombongan, memang untuk mengambil formulir pendaftaran dari PDI Perjuangan,”ucap Hafiz.

Ditanya lebih jauh soal pencalonannya untuk Bupati Batanghari mendatang, Hafiz menjelaskan, memang dirinya sudah mempersiapkan diri untuk maju dan bertarung pada Pilkada serentak tahun 2020 mendatang. Tujuannya, untuk membangun Kabupaten Batanghari yang berkelanjutan. “Tujuan saya hanya satu, iya untuk membangun kabupaten Batanghari menjadi lebih baik, dan jika amanah masyarakat Batanghari diberikan sepenuhnya kepada saya, akan saya pergunakan sebaik baiknya,”ucap Hapiz.

Hapiz pun menjelaskan, memang dirinya belum melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung. “Sosiliasi ya sudah, tapi belum secara langsung lah, sabar dulu, waktu kita masih banyak, kita jalani dulu proses yang ada,”singkat Hafiz. (ji/din)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...