8 Sekolah Sudah Cetak KIA

Rabu, 11 September 2019 | 09:53:31 WIB

TUNJUKAN : Kadis Dukcapil menunjukan KIA yang sudah dicetak.
TUNJUKAN : Kadis Dukcapil menunjukan KIA yang sudah dicetak. Wahyuni Omega/Bangko Independent

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  MERANGIN - Berdasarkan peraturan mentri dalam negeri nomer 3 tahun 2016, tentang kartu Identitas Anak (KIA), serta  surat mentri dalam negeri RI. Bahwa pelaksanaan program penerapan KIA untuk pelajar, pada tahun 2019 sudah mulai melaksanakan program penerbitan KIA. Berlaku untuk anak usia mulai dari 0 sampai 17 tahun kurang 1 hari. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jailani mengatakan bahwa untuk percetakan KIA ini sudah diedarkan kepihak sekolah di Kabupaten Merangin. Mulai dari pelajar tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajad). 

"Pencetakan KIA ini sudah muat surat mulai diberlakukan. Dan sudah kita sampaikan dan minta data pelajar kepada pihak sekolah. Apabila kita biarkan masyarakat yang datang banyak antiran," jelasnya.

Manfaat KIA tersebut dapat digunakan dalam pelayanan publik seperti untuk pendaftaran sekolah, berobat di rumah sakit atau puskesmas, dan berlaku juga mendapatkan transportasi publik, pembelian buku sekolah, dan tempat pariwisata, sakligus untuk membukaan rekening Bank dan pengurusan paspor. 

"Sesuai dengan UU Pemerintahan memberikan identitas penduduk. Diantaranya adalah KTP untuk usia 17 tahun keatas, dan KIA untuk dibawah 17 tahun. Kegunaan ini akan kita kembangkan dan kerjasama dengan toko buku, tempat hiburan baik swasta atau Pemerintah, dan kuliner. Bagi yang memiliki KIA akan mendapatkan diskon bagi pelajar. Intinya indentitas ini adalah implementasi dari pelaksanaan kependudukan," ujarnya.

Sedangkan syaratnya untuk pembuatan KIA yaitu, Kartu keluarga orang tua anak sebanyak 2 lembar, poto copy akta kelahiran anak, pas poto bewarna 3x4cm sebanyak 2 lembar khusus untuk usia 5 tahun keatas.

"Di Kabupaten Merangin berlaku sejak Juli 2019 sudah mulai cetak. Sampai saat ini sudah ada 8 lembaga sekolah yang sudah memberikan data pelajar," tuturnya. (why)






BERITA BERIKUTNYA

loading...