PAUD Belajar Gunakan Audio Visual

KBM Ikuti Perkembangan IT

Rabu, 11 September 2019 | 09:52:36 WIB

SUASANA : Peserta didik TK Baitussalam ya g sedang asyik nonton film edukasi tentang tumbuhan.
SUASANA : Peserta didik TK Baitussalam ya g sedang asyik nonton film edukasi tentang tumbuhan.

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  MERANGIN - Kegiatan Belajar Mengajar dituntut untuk mengikuti sesuai dengan perkembangan jaman. Salah satunya adalah di TK Baitussalam belajar menggunakan audio visual. Dengan catatan memutar film yang dapat mendidik dan membangun karakter. 

Kepala TK Baitussalam, Siti Aisah mengatakan bahwa metode belajar menggunakan audio Visual, dan diakui mendukung untuk peserta didik dalam belajar. Karena secara langsung dengan melihat gambar.

"Menonton Film edukasi itu, sangat membantu bagi peserta didik untuk menangkap materi pelajaran. Hal ini kita sesuai dengan tema, dan dilaksanakan biasanya itu menonton bersama," jelasnya. 

Dijelaskan lebih lanjut oleh Siti, bahwa media ini bisa digunakan sesuai dengan tema, seperti mengenal tumbuhan. Selain guru menjelaskan dengan cerita, peserta didik bisa melihat bentuk dan cara hidupnya. 

"Kita sesuaikan dengan tema, misalnya tumbuhkan. Kita putar film tentang pohon, dari mulai dia tumbuh sampai dengan menghasilkan buah," ujarnya. 

Sedangkan, untuk waktu pelaksanaan cukup 15 sampai dengan 20 menit. Belajar dengan menggunakan media audio visual dalam penyampaian materi. Hal ini menghindari, agar peserta didik juga tidak bosan untuk belajar,  serta mengikuti perkembangan zaman. 

"Kita tidak sepenuhnya menyampaikan materi melalui media itu saja, kita tetap membatasi waktu. Dan selebihnya guru juga menjelaskan materi. Apabila hanya mendengarkan cerita saja, peserta didik mudah bosan," tutur Siti. (why

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...