WNI Ditangkap di Malaysia, Sebar Hoaks Ada Bom

Minggu, 01 September 2019 | 14:23:23 WIB

KUALA LUMPUR – Kepolisian Malaysia menangkap tiga pelaku atas tuduhan terlibat dalam pembuatan dan penyebaran hoaks bom di Banda Internasional Penang pada 9 Agustus.

Dari ketiga pelaku yang ditangkap, salah satunya adalah seorang wanita warga negara Indonesia (WNI).Ketiganya ditangkap pada hari Jumat (30/8).

Pejabat polisi Balik Pulau, A Anbalagan, mengatakan kedua pria Malaysia yang berusia 22 tahun dan 38 tahun telah melakukan panggilan telepon iseng kepada petugas bandara. Mereka mengklaim ada bom di konter check-in.

“Sebelum kejadian, diyakini bahwa pria berusia 38 tahun itu memiliki kesalahpahaman dengan wanita Indonesia, jadi dia membuat hoaks bom dengan harapan menunda penerbangannya ke Medan, Indonesia,” katanya, dikutip The Star, Sabtu (31/8).

Ia menambahkan, bahwa panggilan telepon itu dilakukan melalui ponsel yang terdaftar atas nama wanita itu oleh temannya yang berusia 22 tahun, setelah pria berusia 38 tahun itu meyakinkan temannya untuk membantu.

“Investigasi awal menunjukkan bahwa hoaks bom tersebut sepenuhnya bersifat pribadi dan tidak ada unsur kriminal yang terlibat,” imbuhnya.

Anbalagan menyatakan, bahwa penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan. Pihaknya mendesak, agar masyarakat untuk tidak melakukan panggilan telepon untuk membuat hoaks karena tindakan seperti itu dianggap sebagai tindak pidana.

“Kami berharap masyarakat tidak akan melakukan tipuan seperti itu,” tutupnya.

(der/fin)






BERITA BERIKUTNYA

loading...