Pemerintah Inggris Larang Anak-anak Pengikut ISIS Pulang

Rabu, 14 Agustus 2019 - 18:41:04 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, LONDON – Pemerintah Inggris memutuskan, melarang anak-anak penduduk mereka yang menjadi anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) untuk kembali. Saat ini tercatat, ada 30 anak warga Inggris yang ditahan bersama dengan orang tua mereka di kamp-kamp di bagian utara Suriah.

Seperti dilansir Independent, Selasa (13/8), para pengikut ISIS itu ditahan karena hendak kabur ketika basis pertahanan terakhir di Suriah diserang habis-habisan oleh pasukan koalisi Kurdi dan Amerika Serikat.

Awal tahun ini, bayi laki-laki dari Shamima Begum, seorang remaja yang melarikan diri dari rumahnya di Bethnal Green, London, untuk bergabung dengan ISIS, diketahui tewas beberapa pekan setelah mereka tiba di salah satu kamp di Suriah.

Menanggapi hal itu, mantan menteri luar negeri Inggris, Jeremy Hunt, bekerja sama dengan Menteri Pembangunan Internasional, Penny Mordaunt, guna membahas kemungkinan anak-anak itu bisa kembali ke Inggris dengan selamat.

Di sisi lain, mantan menteri dalam negeri Inggris, Sajid Javid, menentang rencana kedua rekannya tersebut. Menurutnya, meskipun kamp-kamp Suriah kerap dikunjungi oleh petugas bantuan Inggris dan wartawan, akan sangat berbahaya jika Inggris mengirimkan pasukannya untuk menjemput anak-anak pengikut ISIS di Suriah dan membawanya pulang.

Javid khawatir, jika anak-anak itu dipulangkan ke Inggris, orang tua mereka dapat memiliki alasan kuat untuk ikut kembali ke Inggris. Namun, pihak Kurdi yang bertanggung atas kamp-kamp penampungan di Suriah mengatakan, keputusan Inggris menelantarkan anak-anak di zona perang adalah suatu kesalahan besar.

Penyebabnya adalah, akan membuat anak-anak rentan direkrut menjadi teroris. Mereka juga menjadi punya alasan untuk balas dendam di kemudian hari karena ditelantarkan pemerintah Inggris.

“Jika anak-anak tersebut tidak kembali ke negara asal mereka, direhabilitasi dan dipersatukan kembali dengan komunitasnya, mereka akan menjadi teroris di masa mendatang,” ujar kepala pejabat urusan luar negeri pemerintah Kurdi, Abdulkarim Omar.

Selain Inggris, sejumlah negara Eropa lainnya telah memulangkan anak-anak yang terlantar di Suriah. Namun, Perancis, Jerman, Norwegia dan Denmark hanya memulangkan sebagian kecil dari mereka.

Kebanyakan anak-anak itu merupakan yatim piatu, karena orang tua mereka tewas saat berperang di Suriah. Australia pun baru-baru ini diketahui telah membawa delapan anak dan cucu dari dua warganya yang menjadi anggota ISIS.

Sementara, sebanyak 70 ribu wanita dan anak-anak yang melarikan diri dari ISIS kini sedang ditahan di sejumlah kamp oleh Pasukan Demokatik Suriah (SDF), yang anggotanya terdiri dari milisi Kurdi.

(der/afp/fin)

 



 





BERITA BERIKUTNYA

loading...