Pertemuan ASEAN, Indonesia Bahasa Rakhine dan Sampah

Rabu, 31 Juli 2019 | 17:24:01 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  BANGKOK – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP melakukan perjalanan dinas ke Bangkok, Thailan untuk mengikuti pertemuan tingkat menteri ASEAN.

Setibanya di Bangkok, Selasa (30/7), Retno langsung mengadakan rapat koordinasi dengan delegasi Indonesia untuk membahas rangkaian pertemuan tingkat menteri ASEAN ke-52 serta berbagai pertemuan dengan mitra wicara ASEAN.

Retno juga mengadakan, pertemuan dengan perwakilan ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AIHCR) dan pertemuan dengan Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone (SEANWFZ) Commission.

Sementara Rabu-Jumat (31 Juli-2 Agustus), Retno akan menghadiri pertemuan pleno dan retreat para Menlu ASEAN (AMM), pertemuan East Asia Summit Foreign Ministers Meeting (EAS), ASEAN Regional Forum (ARF) serta sepuluh pertemuan dengan seluruh negara mitra wicara ASEAN.

Selain menghadiri pertemuan dalam rangkaian ASEAN Ministerial Meeting (AMM) tersebut, Retno juga akan melakukan sejumlah pertemuan antara lain dengan Menlu Australia, Inggris, Cina, dan Vietnam. Menlu Retno juga berencana bertemu dengan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Myanmar.

Selain itu, Retno juga akan hadiri pertemuan Para Menteri Southwest Pacific Dialogue (SwPD) ke-17. Rangkaian pertemuan akan berlangsung dari 30 Juli hingga 2 Agustus 2019 dan akan melibatkan menteri luar negeri dari 10 negara anggota ASEAN serta 10 menteri luar negeri mitra wicara ASEAN yaitu Amerika Serikat, Australia, India, Kanada, Jepang, Republik Korea, Russia, Selandia Baru, China, Uni Eropa.

Pertemuan-pertemua tersebut akan membahas berbagai isu kawasan termasuk Laut Cina Selatan, Rakhine State, hingga sampah plastik.

(der/rls/fin)






BERITA BERIKUTNYA

loading...