Arab Saudi Gelar Kompetisi Baca Alquran dan Azan

Selasa, 23 Juli 2019 | 18:49:13 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  RIYADH – Arab Saudi menggelar kompetisi membaca Alquran dan mengumandangkan azan dengan total hadiah 7 juta riyal Saudi. Lebih dari 21.000 kontestan yang berasal dari 162 negara telah mendaftar untuk meramaikan kompetisi yang dimulai 24 Juli 2019.

Otoritas Umum untuk Hiburan Arab Saudi mengumumkan peningkatan besar dan intensitas yang tinggi dalam dua kompetisi tersebut. Kompetisi digelar oleh Ketua Dewan Direksi Otoritas Umum untuk Hiburan, Turki Al-Sheikh.

“Kompetisi ini digelar untuk memberikan pengalaman mengenai keragaman budaya dunia Islam, yang sesuai dengan metode membaca Alquran dan azan serta memperkuat citra dan status Islam dan Muslim internasional,” kata otoritas tersebut dalam pernyataan resminya, Senin (22/7).

Berdasarkan data statistik, Jumlah kontestan mengalami peningkatkan yang siginifikan, yakni lebih dari 21.000 orang. Pada tahap pendaftaran awal, jumlah peserta tercatat 11.000 orang. Sedangkan pada tahap pendaftaran kedua ada penambahan lebih dari 9.000 orang lagi.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs web quranathanawards.com. Sedangkan kompetisi akan berlangsung dengan sistem seleksi.

Tahapan seleksi, yakni fase likuidasi dijadwalkan pada 24 Juli hingga 23 Agustus. Kemudian tahap penjurian dan pertunjukan langsung dimulai dari 24 Agustus hingga 24 September dan berlanjut lagi hingga 25 Oktober.

Pemenang pertama dari kontes membaca Alquran akan menerima hadiah 5 juta riyal Arab Saudi atau lebih dari Rp18,5 miliar. Sedangkan pemenang pertama dari kontes azan akan menerima hadiah senilai 2 juta riyal Arab Saudi atau lebih dari Rp7,4 miliar.

Otoritas Umum untuk Hiburan Arab Saudi didirikan sejalan dengan visi Kerajaan 2030 untuk mengatur dan mengembangkan sektor hiburan di Kerajaan Saudi.

Selain itu juga untuk menyediakan opsi dan peluang rekreasi bagi semua segmen masyarakat dan di semua wilayah kerajaan untuk memperkaya kehidupan dan menarik sukacita.

Tak hanya itu, orotitas tersebut dibentuk untuk merangsang peran sektor swasta dalam pembangunan dan pengembangan kegiatan hiburan.

(der/fin)






BERITA BERIKUTNYA

loading...