Jumlah ASN Pensiun Meningkat

Senin, 15 Juli 2019 - 08:43:41 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, BATANGHARI-Tahun ini, sebanyak 151 Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Kabupaten Batanghari memasuki masa pensiun. Dari total yang memasuki masa pensiun, ada terdapat ASN dengan golongan III. Seperti Kabag Umum, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub), Kabag Sumber Daya Manusia di Sekretariat Daerah.

Kepala BKPSDM Kabupaten Batanghari, Muhammad Rifai Kadir, mengatakan, batas usia pensiun ASN/PNS itu dihitung dari tahun, bulan dan hari kelahirannya. "Dan berdasarkan data sampai Desember, jumlah ASN memasuki masa pensiun jumlahnya 151 ASN,” kata Rifai. "Yang mendominasi masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, mayoritas adalah guru dan tenaga fungsioanal,” tambahnya.

Jumlah ASN pensiun di Kabupaten Batanghari akan mengalami peningkatan di Tahun 2020 mendatang. Dari catatan BKPSDM, jumlah ASN di Kabupaten Batanghari memasuki masa pensiun di Tahun mendatang berjumlah 183 ASN.

“ASN yang memasuki Batas usia pensiun (BUP) di tahun depan itu lebih banyak lagi. Mareka ada dari eselon III, eselon IV dan termasuk jabatan fungsional. Untuk jenjang jabatan administrator atau eselon III ini lebih kurang sebanyak 10 orang,” ucapnya.

Meski telah memiliki data ASN di Kabupaten Batanghari yang memasuki masa pensiun di Tahun 2019-2020, namun dirinya mengakui, jumlah itu bisa saja bertambah, mengingat adanya kemungkinan permintaan pensiun dari ASN dari waktu yang seharusnya.

“Kan bisa saja nanti ada yang mau pensiun Atas Permintaan Sendiri (APS). Misalnya pensiun janda/duda ataupun meninggal suaminya atau istrinya. Itulah kami tidak bisa memprediksi dengan pasti,” tandasnya. (ira/viz)






BERITA BERIKUTNYA

loading...