Pencairan DD Mandek

Kamis, 11 Juli 2019 | 10:09:56 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, KERINCI- Hingga saat ini Dana Desa (DD) untuk 285 desa di Kabupaten Kerinci tak kunjung cair. Sejumlah Kepala Desa bersama perangkat desa terus melakukan upaya dan menunggu kepastian kapan dana desa bisa dicairkan. 

Kondisi tersebut membuat para kepala desa dan perangkat desa dalam Kabupaten Kerinci makin terpojok untuk merealisasikan program, apalagi waktu tahun anggaran yang semakin singkat saat ini. "Saat ini kita tengah sibuk mengurus pencairan, padahal waktunya sudah sangat mepet," sebut salah seorang Kades di Kerinci.

Dijelaskannya setiap tahunnya permasalahan yang sama seringkali terjadi. Para aparat Kepala Desa sangat kesulitan dalam menyelesaikan pencairan dana desa. "Ini bukan semata salah Kepala Desa. Kita terdesak pembuatan APBDES. Namun itu sendiri dampak dari keterlambatan terbitnya Perbup," sebutnya.

Atas permasalahan tersebut, kata dia, bukan tidak mungkin pelaksanaan dan pengalokasian dana desa bisa selesai 100 persen. "Bagaimana mau selesai 100 persen, ini saja sudah bulan Juli, dana belum cair kapan mau dialokasikan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemdes Kerinci, Hasveri mengakui kondisi tersebut. Hal ini dikarenakan keterlambatan penerbitan Perbup. Namun yang jelas dirinya sangat berharap kepada Kepala Desa bisa merealisasikan dana desa dengan baik. "Perbupnya baru turun, namun saat ini semua kades tengah menyelesaikan proses pencarian dana desa," singkatnya. (ded)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...