FDS Belum Terlaksana

Kamis, 11 Juli 2019 | 10:08:03 WIB

BELAJAR : Siswa di salah satu SMP pada saat belajar. Tampak para siswa yang membentuk kelompok sedang mengerjakan tugas dari guru.
BELAJAR : Siswa di salah satu SMP pada saat belajar. Tampak para siswa yang membentuk kelompok sedang mengerjakan tugas dari guru.

BANGKO-INDEPENDENT.COM,  MERANGIN - Sekolah di Kabupaten Merangin secara keseluruhan, belum bisa menerapkan program Full Day School (FDS).  Program yang dianggap lebih efektif untuk melakukan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Merangin, M.Zubir mengatakan bahwa sekolah di Kabupaten Merangin belum mampu apabila menerapkan Full Day School. 

"Sekolah di Kabupaten Merangin memang belum siap untuk menerapkan. Dan ini baru satu SMP yang sudah mengajukan untuk untuk pelaksanaan Full Day School ini, yaitu SMPN 4 Merangin mudah-mudahan tahun depan sudah melaksanakan," ujar Zubir.

Tidak siapnya melaksanakan Full Day School di Kabupaten Merangin. Dengan alasan, pada pendidikan agama, bagi siswa yang mengaji setiap sore di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA). Hal ini yang menjadi pertimbangan, pasalnya untuk pelaksanaan tersebut sampai sore siswa belajar di sekolah.

"Apabila guru ngaji ini bisa mengajar di sekolah. Kemungkinan bisa berjalan untuk Full Day School ini, tapi hal ini masih banyak pertimbangan," jelasnya.

Sehingga setiap sekolah bisa melaksanakan program-program yang bisa membangun karakter siswa. Walaupun tanpa menerapakan Full Day School. Pasalnya, apabila pendidikan karakter tersebut sudah kuat tentu sikap dan perilaku siswa akan lebih baik. Dan bisa saling menghargai satu sama lain, khusunya bakal tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam dunia pendidikan.

"Aabila pendidikan karakter ini diperkuat lagi. Insyaallah bakal tidak terjadi lagi hal yang buruk kepada siswa, walaupun mereka beda sekolah," pungkas Zubir. (why)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...