Valentino Rossi Makin Lamban

Selasa, 09 Juli 2019 - 19:20:07 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, HOHENSTEIN-ERNSTTHAL – Pembalap tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi mengaku kecepatannya di musim ini sudah jauh menurun dibandingkan musim lalu. Ini terlihat dari hasil buruk yang dia torehkan di GP Jerman pekan kemarin.

Rossi sendiri sudah mengalami kesulitan sejak sesi kualifikasi. Dia kembali kewalahan di hari balapan. Rossi tidak bisa langsung menyodok ke posisi terdepan dan harus puas finish di posisi kedelapan. Hasil ini berbeda jauh dari pencapaiannya di musim lalu yang berhasil finish di posisi kedua. Secara catatan waktu, Rossi juga jauh lebih lambat.

Apabila pada musim lalu ia hanya terpaut 2,5 detik dariMarc Marquezyang keluar sebagai pemenang, maka tahun ini The Doctor terpaut sekitar 19 detik dari Marquez yang tampil sama bagusnya. Rossi sendiri menyadari bahwa kecepatannya memang menurun sehingga membuatnya gagal tampil kompetitif.

Beberapa tahun terakhir saya selalu kompetitif dalam fase ini. Kami selalu mencapai beberapa podium pada bulan Mei dan Juni, juga di sini di Jerman tahun lalu. Tapi, tahun ini kami belum mencapai banyak perkembangan dalam empat Grand Prix terakhir. Kita sekarang harus menyelidiki penyebabnya,”keluh Rossi di speedweek.

“Saya merasa tidak enak di motor, saya jauh lebih lambat dari tahun lalu karena sekarang saya tertinggal 19 detik dari pemenang. Waktu balapan saya juga 20 detik lebih lambat ketimbang di 2018. Itu sulit dimengerti. Pada akhirnya saya dalam masalah besar dengan itu. Terlepas dari ban, kami memiliki masalah lain. Karena saya tidak bisa bersaing sekompetitif setahun yang lalu, pungkasnya.

Rossi juga mengakui apabila jalannya balapan di GP Jerman berlangsung sulit. Dia mengatakan, masih belum menemukan kecepatan terbaiknya yang ada di awal musim lalu.

Sebagaimana diketahui, Rossi memang sempat tampil apik di awal musim lalu. Dia bahkan hampir saja memenangi balapan di GP Amerika Serikat apabila tidak kalah cepat dari Alex Rins.

Namun sayang, lama kelamaan kecepatannya menjadi menurun kembali. Rossi juga terjatuh dalam tiga balapan terakhir sehingga membuatnya harus tampil lebih hati-hati di Sachsenring.

Akan tetapi, usaha Rossi untuk tampil hati-hati tersebut juga masih gagal sesuai dengan eskpetasi. Rossi hanya mampu finish kedelapan karena kecepatannya masih kurang mantap.

Meskipun saya menyelesaikan balapan setelah tiga tabrakan berturut-turut, ini (MotoGP Jerman 2019) adalah balapan yang sangat sulit karena saya tidak pernah benar-benar kuat di sini. Itu adalah balapan penting bagi kami. Di Assen saya merasa bagus pekan lalu sampai saya menabrak pembalap lain,ucap Rossi.

(wsa/fin)






BERITA BERIKUTNYA

loading...