Lonjakan Data Dipicu Streaming

Rabu, 12 Juni 2019 | 16:49:00 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, JAKARTA – Dibandingkan tahun lalu, traffic layanan data Lebaran kali ini meningkat. Kontribusi tertinggi disumbangkan penggunaan media sosial dan streaming. Fenomena itu dialami Telkomsel dan Tri. Tahun ini kenaikan traffic layanan data Telkomsel mencapai hampir 50 persen. Sementara itu, kenaikan Tri di atas 40 persen.

Telkomsel mencatat kenaikan layanan data tertinggi terjadi pada H-1 Lebaran. Kenaikannya mencapai 19,30 petabyte atau 12,3 persen dibanding hari normal. Jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu, traffic naik sekitar 49,8 persen.

“Tentu kami menyadari tingginya minat pelanggan sehingga kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan kami optimalkan hingga libur Lebaran berakhir,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin kemarin (11/6).

Denny menambahkan, wilayah dengan kenaikan layanan data tertinggi ada di Jawa Tengah dengan peningkatan 44 persen dibanding hari normal. Pada masa Lebaran, peningkatan layanan data naik signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik. “Lonjakan serupa terjadi di lokasi-lokasi wisata,” tambahnya.

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media sosial. Yakni, mencapai 30,4 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi 28,7 persen.

Sementara itu, operator seluler 3 (Tri) Indonesia juga menyebut video streaming menjadi penyumbang terbesar kenaikan layanan data. Chief Technology Officer 3 Indonesia Desmond Cheung mengatakan, peningkatan terdeteksi sejak H-10 Lebaran. Lonjakan data tertinggi terjadi di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata. Di antaranya, Jogjakarta, Purworejo, Brebes, Jombang, dan Blora.

“Yang jadi favorit pelanggan kami adalah melakukan streaming video di YouTube, Instastory, live report Instagram, dan live report Facebook. Kontribusinya sekitar 40 persen,” jelas Desmond. Selain konten video, banyak pengguna Tri yang menggunakan media sosial untuk pamer momen Lebaran. Lonjakan traffic dari akses media sosial mencapai 35 persen.

Agar tidak kewalahan menghadapi lonjakan traffic, Tri melakukan transformasi core network system di 19 kota. Dengan demikian, pengaturan traffic komunikasi data tidak hanya terpusat di satu titik. Tri juga mengoptimalkan jaringan di jalur dan kota-kota tujuan mudik.

(agf/ful/fin)

 



 





BERITA BERIKUTNYA

loading...