Hari Ini, Dua Alat Berat Diturunkan

Ruas Muara Pangi Terputus

Rabu, 12 Juni 2019 | 16:36:58 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, MERANGIN – Hujan yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Lembah Masurai mulai berdampak pada infrastruktur di wilayah tersebut. Kali ini ruas jalan menuju Desa Muara Pangi Kecamatan Lembah Musurai, terputus.

Hal tersebut diakibatkan lantaran sejumlah material tanah longsor yang juga membawa pepohonan ke badan jalan. Kondisi ini terjadi pada Senin (10/6) dini hari. Informasi yang dihimpun, longsoran tanah dan material pepohonan itu menutup akses jalan utama masyarakat.

Bahkan warga yang juga berupaya untuk membersihkan material longsor tidak mampu berbuat banyak. Pantauan terakhir, hanya kendaraan roda dua saja yang bisa melintas di lokasi tersebut.

Terkait hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin, Mardansyah Saidi siang kemarin menyebutkan jika baru mendapatkan informasi tersebut dari Bangko Independent. Sebab sampai saat itu, pihak Pemerintah Desa ataupun Pemerintah Kecamatan belum ada menginformasikan kejadian itu ke BPBD.

“Namun kita akan croscek informasi ini. Dan jika itu longsor, maka kita meminta bantuan dari Dinas PUPR Merangin untuk melakukan penanganan, sebab jalan itu merupakan jalan Kabupaten,” kata Mardansyah.

Sementara itu, Plt Sekdin PUPR Merangin Aspan membenarkan adanya bencana longsor yang menutupi ruas jalan menuju Desa Muara Pangi tersebut. Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, kemarin (11/6) pihaknya langsung mengutus tim untuk melakukan investigasi. Usai mendapatkan data yang akurat, Aspan menyebutkan segera melakukan penanganan.

“Ya benar, itu ada longsor yang menutupi ruas jalan di Desa Muara Pangi Kecamatan Lembah Masurai,” kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Merangin ini.

Bagaimana dengan langkah penanganan yang akan dilakukan? Aspan menyebutkan sesuai dengan data sementara dari Tim yang ke lokasi. Di lokasi itu ada sekitar empat titik longsor. Tetapi hanya ada satu longsor yang masuk ketegori parah dan menyebabkan ruas jalan terputus.

“Besok (hari ini,red) kita langsung melakukan penanganan dengan pembersihan material longsor,” jelasnya.

Dua unit alat berat yakni escavator yang sedang bekerja di wilayah Renah Kemumu sudah dimobilisasi ke lokasi ruas jalan Muara Pangi. Selanjutnya juga ada becoloader yang kita turunkan.

“Insya Allah setelah alat tiba di lokasi, langsung melakukan tindakan. Jika tidak ada halangan yang berarti, maka ruas jalan itu akan lancar besok (hari ini,red),” sebutnya. (din)
  






BERITA BERIKUTNYA

loading...