Jalur Dua Pasar Baru Harus Steril

PKL ‘Disisir’ Pol PP

Rabu, 12 Juni 2019 | 16:31:09 WIB

TERTIBKAN : Petugas Satpol PP Merangin saat melakukan penyisiran para PKL yang berjualan dibadan jalan Pasar Baru Bangko.
TERTIBKAN : Petugas Satpol PP Merangin saat melakukan penyisiran para PKL yang berjualan dibadan jalan Pasar Baru Bangko. Kasto/Bangko Independent

BANGKO-INDEPENDENT.COM, MERANGIN – Puluhan personil dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Merangin kembali melakukan penertiban terhadap para pedagang kaki lima (PKL). Kali ini penertiban juga menyasar terhadap para PKL yang berjualan dibadan jalan Pasar Baru Bangko.

Tidak di wilayah itu saja, petugas juga melakukan penertiban PKL yang mangkal di kawasan Taman Pemuda Kota Bangko. Penertiban yang dilakukan ditujukan bagi PKL yang masih membangkang. Pasalnya, sebelum dilakukan tindakan ini Pol PP sudah diberikan arahan dan peringatan kepada PKL untuk tidak berjualan di area Taman Pemuda Kota khususnya diatas trotoar.

Selain dikawasan taman Pemuda petugas juga menertibkan para pedagang di sekitaran Pasar Baru Kota Bangko. 

Kasat Pol PP Merangin Akmal Zen, saat dibincangi Bangko Independent Selasa (11/6) mengatakan jika dikemudian hari masih ditemukan pedagang yang masih berjualan di area dilarang. Pihaknya akan memberikan denda kepada pedagang. Besaran denda tersebut akan disesuaikan Peraturan Daerah (Perda).

“Besok apa bila masih kita temukan pihak kita akan kita kenakan denda. Nanti kita akan lapor kepada Dinas Pendapatan Daerah untuk menerima uang denda sebagaimana yang diatur dalam Perda. Hari ini kita akan berkoordinasi dengan Kejaksaan dan Pengadilan. Apakah bisa kita menindak Perda tersebut langsung ditempat,” ujar Akmal Zen.

Dilanjutinya, untuk saat ini pihaknya masih melakukan penertiban dan peringatan. Namun dalam waktu dekat ini jika masih ada PKL yang tidak mengindahkan himbauan. Pihaknya akan melakukan penyitaan.

“Hari ini kita hanya melakukan pembersihan. Namun kalau PKL masih ada juga besok kita langsung lakukan penangkapan," katanya. 

Ia mengatakan sebelum melakukan penertipan pihaknya telah melakukan peringatan dan pembinaan sudah diberikan. Namun hingga saat ini masih banyak ditemukan pedagang yang tidak tertib berjualan. 

“Saat penertipan tidak ada perlawanan dari pedagang. Karena sebelumnya sudah kita lakukan peringatan,” ungkapnya.

Akmal Zen menegaskan, pihaknya akan secara rutin melakukan patroli supaya  PKL tersebut bisa tertib dalam menempatkan lokasi berjualan. “Pihak kita akan melakukan patroli secara rutin," cetusnya. (mg02)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...