Thafizh Qur'an Akan Dimaksimalkan

Rabu, 12 Juni 2019 | 16:28:30 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, MERANGIN - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Merangin, jadikan thafizh Qur'an sebagai program unggulan. Dan bagi murid yang lulus dari sekolah tersebut, wajib hafal 30 juz. Dan pada ajaran baru 2019/2020 yang nantinya akan dimaksimalkan. 

Kepala MIN 1 Merangin, Efendi mengatakan bahwa pada tahun ajaran yang akan datang thafizh Qur'an akan ditambah satu juz lagi. Hal ini dilakukan bertujuan untuk murid yang nantinya lulus dari MIN 1 Merangin, memiliki kemampuan yang unggul dibandingkan dengan murid yang sekolah pada umumnya.

"Kita akan terus tambah jumlah juz yang wajib dihafalkan oleh murid. Ini bukan menjadikan beban mereka, melainkan menginginkan kemampuan murid kita lebih unggul," jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan murid belajar Qur'an dan hafalan, yakni diterapkan dengan strategi kebiasaan. Yang dilakukan setiap hari, dan dibimbing langsung oleh guru agama. Sehingga murid tidak kesulitan untuk belajar dan memahami bacaan Qur'an.

"Kalau dipaksa dengan cara hafalan murid pasti mengeluh. Jadi kita buat cara belajarnya  dengan membiasakan membaca," ujarnya. 

Sehingga bagi murid kelas VI, diwajibkan sudah hafal sebanyak 30 juz. Yang pada saat penerimaan ijazah kelulusan, nantinya juga akan diberikan sertifikat dari pihak MIN 1 Merangin.

"Pada saat kelulusan nanti kita akan berikan sertifikat kepada murid. Sebagai bukti bahwa mereka sudah wisuda thafizh Qur'an, dan bisa digunakan untuk meningkatkan bakat di jenjang sekolah selanjutnya," ungkap Efendi.(why)






BERITA BERIKUTNYA

loading...