Manfaatkan Korban Libur Lebaran

Tiga Rumah Digasak Pencuri

Selasa, 11 Juni 2019 | 09:56:37 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, MERANGIN - Mudik lebaran untuk menyambut hari raya Idul Fitri di kampung halaman sudah menjadi tradisi bagi umat muslim. Namun moment mudik lebaran dimanfaatkan para pelaku tindak pidana kejahatan.

Tercatat saat ini ada tiga laporan polisi di Polres Merangin terkait pencurian saat rumah korban dalam keadaan kosong. Pencurian pertama kali terjadi dikediaman Syafri Nodi (36) warga Kelurahan Pematang Kandis. Korban baru mengetahui jika rumahnya dimasuki pencuri pada Sabtu (8/6) saat tetangga korban melihat pintu rumah sudah terbuka. Melihat hal tersebut, tetangga korban mengabari ke korban yang saat itu berada di Kabupaten Kerinci.

Setelah diperiksa, rupanya pelaku memasuki rumah dengan cara merusak ventilasi udara. Pencuri berhasil menggasak uang Rp 28 Juta dan emas lima mayam yang raib dibawa pelaku. Kejadian kedua terjadi dikediaman dokter bernama Alhadi (40) warga Kelurahan Pematang Kandis.

Dimana rumah yang berada di Jalur dua DPRD Merangin ini dibobol kawanan pencuri saat pelaku mudik lebaran. Aksi pencurian terjadi Minggu (9/6) sekitar pukul 14.00. Korban baru menyadari jika rumahnya dibobol pencuri setelah masuk kedalam rumah dan melihat isi rumah berserakan. Setelah di cek dengan teliti, barang-barang berharga milik korban telah hilang. Diduga pelaku masuk dari samping rumah yang dibatasi pagar kawat.

Kejadian yang ketiga terjadi dikediaman Toni Hasian (63) warga Kecamatan Pamenang dimana korban baru mengetahui kediamannya dimasuki pencuri. Setelah korban dan anaknya pergi kekediamannya dan melihat barang-barang berharga miliknya sudah raib.

Merasa rumahnya sudah disantroni pencuri, seluruh korban akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polres Merangin. Usai menerima laporan, pihak kepolisian langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian.

Kapolres Merangin AKBP I Kade Utama Wijaya melalui Kasubbag Humas Iptu Sobri membenarkan ada tiga laporan masuk terkait pencurian spesialis rumah kosong.

“Pada umumnya pelaku mengintai rumah-rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya. Pelaku akan leluasa saat rumah ditinggal kosong,” jelas Iptu Sobri, Senin (10/6).

Kasubbag menjelaskan, jika pihak kepolisian akan semaksimal mungkin untuk menuntaskan kasus pencurian yang terjadi. “Anggota kita masih berupaya untuk mengungkap kasus ini. Memang dalam beberapa hari ini banyak laporan pencurian di rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya,” tutupnya. (zak)






BERITA BERIKUTNYA

loading...