Pleno Berjalan Aman

Kamis, 23 Mei 2019 | 07:59:48 WIB

AKHIR : Suasana akhir pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu di Kabupaten Bungo yang digelar di Semagi Hotel beberapa waktu lalu.
AKHIR : Suasana akhir pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu di Kabupaten Bungo yang digelar di Semagi Hotel beberapa waktu lalu.

BANGKO-INDEPENDENT.COM, Muarabungo – Pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil pemilihan umum (Pemilu)di Kabupaten Bungo yang berakhir pada 5 Mei 2019 lalu berjalan secara aman, jujur dan demokratis.

Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bungo, Muhammad Bisri, memastikan rekapitulasi hasil suara Pemilu di Kabupaten Bungo yang berlangsung  2-5 Mei 2019 itu sesuai aturan yang berlaku. “Bahwa pelaksanaan rekapitulasi dan pelaksanaan penghitungan suara pemilu di Kabupaten Bungo kemarin berakhir dengan aman sukses, jujur, lancar dan demokratis,” kata Bisri.

KPU katanya sudah menjalankan tahapan Pemilu tersebut sesuai dengan regulasi dan payung hukum yang ada, yaitu PKU nomor 4 tahun 2019. Jujur katanya sidang pleno rekapitulasi itu dilakukan secara terbuka. Lalu hak-hak peserta pemilu yang diwakili para saksi saat sidang pleno rekapitulasi diberikan secara demokratis. Pihak penyelenggara sambung Bisri memberikan kesempatan apa yang menjadi hak para peserta pemilu. Termasuk hak peserta ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika ada yang tidak puas.

Dan hal itu katanya sudah mereka jalankan sejak proses awal tahapan pemilu di Kabupaten Bungo. Sambung Bisri lagi, tentu semua itu berkat dukungan semua pihak. Baik penyelenggara pemilu dijajaran KPU, Bawaslu, pemerintah Kabupaten di semua tingkatan, aparat keamanan, kepolisian, TNI, media, Partai politik (parpol) peserta Pemilu dan seluruh elemen masyarakat.

“Kita sangat berterimakasih dengan hal itu. Apalagi aparat keamanan dari anggota Polri, TNI, Satpol PP yang sudah menjaga semua proses tahapan Pemilu di Kabupaten Bungo sehingga bisa berjalan secara aman, kondusif, jujur, adil dan demokratis,” ucapnya.                                                                                                                                                       

Sementara Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Bungo, H Adnan Abubakar, juga mengakui. Secara umum proses Pemilu hingga rekapitulasi hasil suara di Kabupaten Bungo berakhir dengan aman, jujur dan demokrasi. Buktinya kata Dia, tidak ada gejolak atau protes yang membahayakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Termasuk kata Adnan apparat keamanan seperti anggota Polri, TNI memback up secara penuh semua proses tahapan pemilu dari awal hingga akhir.

“Secara umum kalau kami lihat berjalan secara aman, jujur dan demokrasi. Buktinya tidak ada protes yang berlebihan. Tapi secara teknis hasil pemilu tentu kita tidak tahu. Tapi itu ada aturan undang-undang yang mengatur,” ucap mantan Kemenag Kabupaten Bungo ini. (bi/din)






BERITA BERIKUTNYA

loading...