Tim Satgas Pangan Sidak

Harga Sembako Masih Stabil

Kamis, 23 Mei 2019 - 07:58:19 WIB

PANTAU : Bupati Merangin H Al Haris saat berdialog dengan salah satu penjual daging sapi di Pasar Baru Bangko.
PANTAU : Bupati Merangin H Al Haris saat berdialog dengan salah satu penjual daging sapi di Pasar Baru Bangko.

BANGKO-INDEPENDENT.COM, MERANGIN - Memastikan tidak adanya penimbunan dan lonjakkan harga menjelang lebaran, tim gabungan dari Satgas Pangan Kabupaten Merangin dan Satgas Pangan Provinsi Jambi yang dipimpin langsung Bupati Merangin H Al Haris melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Sidak ini dilakukan ke sejumlah pasar dan mini market yang ada di Kabupatem Merangin.

Pada Sidak yang dilakukan, tim gabungan Satgas Pangan juga memantau langsung harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako). Hasilnya, rata-rata harga kebutuhan bahan pokok masih terbilang stabil dan belum ada lonjakkan harga.

"Menjelang lebaran kita memastikan pasokan dan distribusi Sembako berjalan lancar. Sidak yang kita lakukan ini untuk mengetahui kendala yang terjadi dilapangan jika ada kenaikan ataupun kelangkaan barang,” Ujar Amir Hasbi, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, saat dibincangi Bangko Independent Rabu (22/5).

Dilanjutinya, setelah pihaknya turun langsung dan melakukan pengecekan kondisi Sembako di wilayah Kabupaten Merangin. Saat ini masih dalam keadaan normal dan belum terjadi lonjakkan. Namun pihaknya menemukan beberapa barang yang tidak memiliki label Expayer dan BPOM.

"Dalam melakukan Sidak ini kita melakukan tiga hal pengecekan, seperti kemasan, melihat label, melihat izin edar dan kadar luarsa. Dari pengecekan tersebut pihak kita menemukan ada beberapa jenis makanan yang tidak mempunya label expayer dan BPOM. Namun pihak kita meminta pihak pengelola supermarket untuk dapat menempel label masa berlaku expayer tersebut," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk memberi kenyamanan makanan kepada masyarakat Kabupaten Merangin. Pihak Satgas Pangan akan tetap melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap harga pangan di wilayah Merangin. Dikesempatan ini pihaknya berharap Satgas Pangan Kabupaten dapat kembali memonitor harga barang-barang tersebut.

“Sebagai Tim Satgas Pangan Provinsi pihak kita turun ke daerah-daerah termasuk Kabupaten Merangin untuk menjamin pemantauan haraga maupun ketersediaan pangan selama bulan Ramadhan sampai lebaran Idul Fitri. Dalam pengecekan ini harga bahan masih stabil termasuk harga bawang putih yang saat ini masih stabil,” ungkapnya.

Tidak jauh berbeda juga diungkapkan Bupati Merangin H. Al Haris. Dia mengatakan, dari hasil pengecekan dilapangan harga bahan pokok masih dalam stabil. Bukan hanya bahan pokok, bahkan harga daging ayam dan sapi masih stabil.

 “Kita Pemerintah jika terjadi kenaikan harga bahan pokok kita akan langsung melakukan operasi pasar, intinya pemerintah harus siap action ketika jika terjadi kenaikan harga,” pungkasnya. (mg02)

       






BERITA BERIKUTNYA

loading...