DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024

Kader Potensial Isi Unsur Pimpinan

Senin, 13 Mei 2019 | 17:41:29 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, JAMBI – Hasil rekapitulasi pemilu tahun 2019 tingkat KPU Provinsi Jambi sudah final. Sudah diketahui siapa saja nama calon legislatif yang berhasil memenangkan pertarungan pileg 2019 ini. Untuk DPRD Provinsi Jambi, kemenangan suara partai dikuasai oleh PDI Perjuangan. Partai berlambang banteng moncong putih ini berhasil menguasai delapan kursi caleg terpilih di DPRD Provinsi Jambi.

Lalu di posisi selanjutnya, partai Demokrat mendapat 7 kursi, Golkar 7 kursi, Gerindra 7 kursi dan PAN 7 kursi. Dari hasil rapat pleno Provinsi ini, posisi puncak suara partai dikuasai PDI Perjuangan dengan perolehan total 264.032 suara. Posisi kedua Gerindra Total 233.817, posisi ketiga Golkar total 205.162 suara. Posisi keempat Demokrat total suara 190.629.

Untuk siapa saja nama kader parpol masing masing partai yang akan mengisi unsur pimpinan ini sudah bisa terlihat. Karena masing-masing parpol pemenang memiliki kader yang sangat potensial.

Seperti PDI Perjuangan, sudah digadang-gadangkan untuk posisi Ketua DPRD Provinsi Jambi akan diisi oleh Edi Purwanto. Dia merupakan Ketua DPW PDI Perjuangan Provinsi Jambi, dan sudah berpengalaman di DPRD Provinsi Jambi. Di Partai Demokrat, juga sudah bisa diprediksi untuk unsur pimpinan akan diisi Burhannudin Maher, yang notabene Ketua Partai Demokrat Provinsi Jambi, dan memiliki pengalaman dua periode sebagai Bupati Muarojambi.

Prediksi untuk mengisi unsur pimpinan di partai Golkar sendiri, juga satu nama kader yang potensial yaitu Ivan Wirata, karena belau cukup berpengalaman, dan besutan dari birokrasi pemerintahan.

Untuk prediksi partai Gerindra, informasi yang didapatkan Jambi Independent, ada tiga nama calon kuat untuk mengisi unsur pimpinan di DPRD Provinsi Jambi. Namun, nama-nama ini masih digodok Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra.

“Ada tiga nama, Rocky Candra, Abun Yani dan Faisal Riza,” ucap sumber. Dia pun mengungkapkan, bahwa tiga nama calon ini akan dikomunikasikan ke Gerindra pusat, setelah itu akan ditetapkan secara aturan komando oleh DPD Gerindra Provinsi Jambi. Ditanya siapa yang paling potensial, dirinya enggan menjawab.

Namun, dari tiga nama kader Gerindra ini, dari catatan Jambi Independent, Faisal Riza sangat potensial dan berpengalaman. Karena, Faisal Riza sendiri merupakan Ketua DPRD Tanjab Barat.   

Sementara, Ketua Bapilu partai Golkar H Cek Endra beberapa waktu yang lalu dikonfirmasi menjelaskan, bahwa partai Golkar memiliki aturan mekanisme partai yang baku. “Jadi kita tunggu saja nanti hasil rapat bersama Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi pak Taufik Hidayat untuk membahas hal ini, sekali partai Golkar sudah ada aturan yang baku,” kata dia.

Ketua DPW PDI Perjuangan Edi Purwanto disambangi di sekretariat DPW belum lama ini menjelaskan, bahwa PDI Perjuangan juga mempunyai aturan. “Iya persoalan ini nanti lah, dan alhamdulillah PDIP keluar sebagai pemenang untuk DPRD Provinsi Jambi,” singkatnya.

Ditanya lagi oleh Jambi Independent, apakah dirinya akan mengisi Ketua DPRD Provinsi Jambi periode 2019-2024? Edi menjawab singkat. “InsyaAllah dan doakan saja,” kata dia. (muz/zen/rib)   






BERITA BERIKUTNYA

loading...