Italia Belum Layak Jadi Tuan Rumah Euro 2028

Jumat, 10 Mei 2019 - 16:01:36 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, JENEWA – Wakil presiden UEFA Michele Uva menyatakan bahwa Italia tidak berpeluang menjadi tuan rumah Euro 2028. Hal ini dikarenakan sejumlah stadion di Italia dianggap kurang memadai untuk menggelar pesta sepak bola negara-negara Eropa tersebut.

Beberapa kali saya mendengar tentang masuknya Italia, sebagai kandidat negara penyelenggara Euro 2028, namun untuk membuatnya jadi kenyataan, perlu perencanaan yang matang, kata Uva seperti dikutip Footbal Italia.

Negara yang pantas menyelenggarakan ajang ini, adalah negara yang stadionnya siap dengan (tuntutan) penyelenggaraan ajang ini, tambah pria yang sempat memanajeri klub AC Parma itu.

Namun dalam pandangannya, Italia yang merupakan salah satu magnet sepak bola dunia itu, pada kenyataannya, masih belum layak jika dilihat dari sisi penunjangnya. Dalam hal ini venue pertandingan.

Menurut Uva, tuanya usia kebanyakan stadion di kota-kota di Italia, adalah salah satu alasan mengapa juara Piala Eropa satu kali itu tidak layak untuk menggelar ajang sepak bola internasional Eropa tersebut.

Kebanyakan stadion sepak bola di Italia, tidak lagi diperbaharui semenjak terakhir kali negara juara empat kali Piala Dunia itu menggelar kompetisi Piala Dunia 1990.

Bahkan beberapa stadion klub besar seperti Roma, Napoli dan Venezia, tengah berjuang untuk mengajukan pembaruan struktur stadion, pada masing-masing dewan kota, yang hingga saat ini belum juga menemui hasil yang diharapkan.

Baru beberapa stadion kota besar seperti milik Juventus di Turin, Udinese di Udine, Cagliari dan Atalanta, yang sejauh ini telah rampung memiliki stadion sepak bola yang baru.

(ruf/fin/wsa)






BERITA BERIKUTNYA

loading...