24 TPS Lakukan Pemilu Susulan

Kamis, 18 April 2019 - 09:16:23 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, JAMBI – Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Provinsi Jambi, Rabu (17/4), secara umum berjalan aman. Namun, ada beberapa kendala teknis di lapangan yang mengharuskan dilakukannya pemungutan suara susulan.

Seperti kotak suara yang hancur terkena banjir, dan diguyur hujan. Data dari Bawaslu Provinsi Jambi, ada 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus dilaksanakan pemungutan suara hari ini (18/4).

Kerusakan kotak suara ini, dikarenakan sejak Selasa (16/4) hingga Rabu (17/4) dini hari, hujan terus mengguyur di sejumlah titik. Seperti di Lapas Klas II Kota Jambi, air menggenangi beberapa TPS yang telah disiapkan sejak pukul 00.30 hingga 03.00 dini hari.

Alhasil, pelaksanaan pemungutan suara bagi 618 penghuni lapas sempat tertunda hingga pukul 10.00. Sebab, panitia dan pegawai Lapas Klas II A Jambi harus mensterilakn lokasi TPS.

“Ya Rabu (17/4) dini hari terendam akibat curah hujan deras. Kita kerahkan petugas dan beberapa warga binaan untuk membantu membersihkan air. Jadi waktu pencoblosan kita undur,” jelas Yusran, Kalapas II A Kota Jambi.

Tidak hanya di Lapas, kejadian serupa juga terjadi di RT 56, Perumahan Kembar Lestari II, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, dua TPS yakni TPS 113 dan 112 terpaksa membatalkan pemungutan suara karena terendam banjir.

Ketua RT 56 Perum Kembar Lestari, Bujang Habif mengatakan, akibat banjir yang terjadi sejak malam tadi membuat dua TPS tidak bisa melaksanakan pemilu pagi ini. “Tak bisa milih kita,” katanya.

Hanif menegaskan, pemilu di dua TPS di RT nya tersebut terpaksa diundur hingga banjir kering. Namun dia belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pemilihan. “Yang jelas di undur,”tandasnya.

Sementara, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Nur Kholik menyebutkan, pelakasanaan pemungutan suara susulan ini, akan dilakukan hari ini 18 April 2019. Karena logistik KPU sudah mempersiapkan logistik cadangan jikalau memang terjadi teknis di lapangan.

“Saya lagi di Kerinci, itu teknisnya ada di teman kita Sanusi, namun secara umum saya sampaikan bahwa kejadian ini memang murni karena alam. Bukan dari human error, jadi untuk pelaksanaannya memang harus dilakukan secara susulan,” ujarnya.

Untuk persiapannya, sejauh ini tidak ada kendala apa-apa, kecuali ada bencana alam lagi ya, seperti banjir atau kebakaran dan lainnya. “Logistik untuk susulan itu malam ini sudah dipersiapkan dan disalurkan dari informasi KPU Provinsi Jambi yang saya dapatkan, semoga tidak terjadi apaapa lagi,”singkatnya. (zen/muz/rib)






BERITA BERIKUTNYA

loading...