Tim Pembina Segera Dibentuk

Beras Lokal Ditingkatkan

Selasa, 29 Januari 2019 - 08:42:26 WIB

CEK BERAS : Bupati Merangin didampingi Kadis PTPH Merangin saat mengecek kualitas beras lokal Merangin.
CEK BERAS : Bupati Merangin didampingi Kadis PTPH Merangin saat mengecek kualitas beras lokal Merangin. Kasto/Bangko Independent

BANGKO-INDEPENDENT.COM,MERANGIN – Usai dilaksanakanya lauching beras lokal Merangin. Kini Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Merangin terus meningkatkan penyaluran beras lokal. Peningkatan penyaluran tersebut bukan hanya di lingkup ASN, namun disalurkan kepasaran. 

Tidak itu saja, untuk menguatkan sektor produksi, pengawasan dan pemasaran, pihak DPTPH Merangin membentuk Tim Pembina. Tim ini merupakan gabungan dari beberapa OPD terkait yang bergerak dilini masing-masing, yakni Dinas Koperindag, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Tanaman Pangan serta Dinas PTPH Merangin. Tim ini juga bertugas untuk mendorong penyaluran beras lokal di Merangin.

"Tim ini nanti yang mendorong pemasaran beras lokal kita. Seperti masalah produksi nanti pengawasnya ada di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura, serta sistim pengolahannya. Kemudian Dinas Koperindag, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan yang membidangi sektor pemasaran serta Dinas Ketahanan Pangan di sektor distribusi," ujar Rumusdar dibincangi Bangko Independent, Senin (28/1). 

Dilanjutinya, Tim Pembina ini dalam waktu dekat segera dibentuk. Keberadaan Tim Pembina ini nantinya menjadi langkah keseriusan pihaknya untuk menjalankan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Merangin yakni Mantap dalam sektor pertanian.

"Secepatnya Tim itu kita bentuk. Saya akan koordinasi ke Pak Bupati. Tim Pembina itu nanti akan kita SK-kan," katanya. 

Terbentuknya Tim Pembina ini, pihaknya bisa lebih mendorong kesejahteraan petani Merangin dalam mengelola beras lokal Merangin. “Dengan adanya tim inilah beras lokal hasil petani kita bisa dikelola dengan baik," ungkapnya. 

Pasca launching, pihaknya berharap ASN di Pemerintah Kabupaten Merangin dapat mengkonsumsi beras petani Merangin. Hal tersebut untuk membantu kesejahteraan petani di Kabupaten Merangin. Terpisah Kabid Bidang Tanaman Pangan DPTPH Merangin, Pargito mengatakan setelah launching beras lokal ini,  pihaknya akan terus bekerja ekstra. Terutama turun ke lapangan melakukan pengecekan di setiap kelompok tani. 

"Setelah launching kita akan turun melakukan pengecekan ke kelompok tani. Setiap panen nanti kita akan lakukan pendataan hasil panen petani," cetusnya. (mg02)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...