Harga Beras Masih Stabil

Selasa, 29 Januari 2019 - 08:15:50 WIB

Ilustrasi/Ist/Bangko Independent
Ilustrasi/Ist/Bangko Independent

BANGKO-INDEPENDENT.COM, SAROLANGUN – Harga beras di Pasar Atas Sarolangun hingga kini masih stabil. Ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Sarolangun, Kholidi, Senin (28/1).

Menurutnya, kenaikan harga beras biasanya terjadi saat mendekati hari-hari besar. Hal itu disebabkan permintaan yang semakin tinggi. Sedangkan ketersediaan barang yang terbatas.

Kata Kholidi, pihaknya hanya melakukan monitoring harga Sembako seperti beras, minyak dan gula. Tidak untuk komoditi yang bersifat cepat membusuk seperti cabai.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Bulog dan melakukan operasi pasar, apabila terjadi kenaikan harga di pasar. “Operasi pasar ini biasanya mendekati bulan puasa. Sebab sering terjadi kenaikan harga beras,” katanya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Sarolangun, Amin Faisal, membenarkan harga beras masih stabil saat ini.

Selain stabil, pasokan beras di Sarolangun juga cukup. Itu karena didukung oleh lumbung padi di beberapa kecamatan. Salah satunya seperti Kelompok Tani (Poktan) Selang Rengas di Pulau Pinang.

“Ke depan poktan ini bisa menjadi contoh untuk poktan yang lain,” sebutnya. Amin berharap poktan lebih mandiri. Sehingga ke depan mampu mengembangkan usahanya, seperti koperasi dan sebagainya. “Jangan terlalu terpaku pada bantuan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, masih banyak peluang bagi masyarakat mengembangkan usaha. Contohnya budidaya kepayang, dan itu belum dilakukan oleh masyarakat.

“Ke depan dinas terkait agar mensosilisasikan kepada masyarakat terkait budidaya kepayang,” pungkasnya. (cr04/skm)






BERITA BERIKUTNYA

loading...