Pekan Depan Abu Bakar Ba'asyir Bebas, Begini Kondisinya

Jumat, 18 Januari 2019 - 21:13:36 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM, JAKARTA – Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir bakal menghirup udara bebas pekan depan. Sebab, Presiden Joko Widodo telah mengabulkan permintaannya untuk bebas tanpa syarat.

Keputusan pria yang akrab disapa Jokowi itu disampaikan langsung kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra kepada Ba’asyir di Lapas Gunung Sindir, Bogor, hari ini.

Kabar tersebut langsung disambut baik pihak Ba’asyir. Kuasa hukumnya, Achmad Michdan sedang mengurus administrasi kebebasan tersebut. “Mungkin untuk administrasinya sekitar satu minggu ini,” kata dia saat dihubungi, Jumat (18/1).

Diperkirakan, Ba’asyir akan keluar dari Lapas tersebut pekan depan. “Perkiraan Rabu-Kamis,” sebut Achmad.

Sejauh ini kata dia, Ba’asyir sendiri dalam kondisi baik. Hanya saja, kakinya sedikit sakit, pengaruh dari usianya yang semakin paruh baya.

“Kakinya sedikit sakit. (Tapi lainnya) normal,” kata Achmad mengakhiri pembicaraan.

Sebelumnya, Yusril mengatakan bahwa Ba’asyir dibebaskan murni dengan alasan kemanusiaan. Pembebasan Ba’asyir tersebut mengingat usia dia yang sudah uzur dan sering sakit.

“Pertimbangan saya kata Pak Jokowi pertimbangan kemanusian karena beliau sudah lanjut usianya sudah uzur kemudian juga kesehatannya sudah jauh menurun maka ya berdasarkan kemanusiaan ya beliau dibebaskan,” jelas Yusril saat mengunjungi Ba’asyir di Lapas Gunung Sindur.

Bahkan Jokowi katanya juga mempersilakan Ba’asyir tetap menerima tamu dan beraktivitas seperti biasa saat bebas nanti. “Dan semua disepakati enggak ada seperti beliau orang tahanan dijaga, enggak sama sekali, sudah kami katakan kepada beliau,” tutur Yusril.

(JPC)






BERITA BERIKUTNYA

loading...