Beras Lokal Merangin Mulai Dikemas

Kamis, 03 Januari 2019 - 08:15:29 WIB

Bangko-independent.com, MERANGIN-Wancana Pemerintah Kabupaten Merangin terutama para ASN untuk mengkomsumsi beras lokal dalam waktu dekat ini akan dilakukan. Pasalnya,  sejauh ini beberapa kelompok tani di wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Merangin sudah mulai mengkemas beras lokal tersebut.  

Beras lokal Kabupaten Merangin yang sudah di kemas kelompok tani yakni wilayah Kecamatan pemenag selatan, kecamatan Pangkalan Jambu, dan Kecamatan Tabir. 

Kabid Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Merangin Pargito,  saat dibincangi Bangko Independent di ruangan kerjanya Rabu(2/1) mengatakan, sejauh ini pihaknya masih melakukan persiapa. Namun pertengahan Januari beras lokal akan di loncingkan.

"Pertengahan Januari ni lah akan loncing beras lokal Merangin.  Nanti acara loncing pertamanya akan dilaksanakn di kantor Bupati,"katanya. 

Ia juga menjelaskan,  dari tiga Kecamatan yng sudah melakukam pengasan tersebut sudah mempersiapkan beras lokal tersebut,  seperti Kecamatan  Pemenag Selatan sudah siapkan sebanyak 3 ton, Pangkalan jambu 6 ton, dan Kecamatan Tabir 5 ton. 

"Untuk persiapan menjelang loncing sudah mencapai 20 persen sudah di kemas, namun semuanya terlebih dahulu akan kita lakukan pengecekan kelepangan, "ungkapnya.  

Dilanjutinya, sejauh ini sudah 35 kantor OPD maupun Kecamatan yang ada di Kabupaten Merangin yang sudah melapor ke pihaknya untuk memgkomsumsi beras lokal,  dari 35 kantor yang sudah melapor tersebut di kisar untuk per ASN 10 kg, namun untuk kebutuhan per bulan sebanyak 60 ton.

"Untuk penafsiran sebangayk 60 ton per bulan, namun data rilnya nanti akan kita lakukan pengecekan terlebih dahulu, "ujarnya. 

Ia juga berharap kepada ASN Yang ada di Kabupaten Merangin untuk dapat mengkomsumsi beras lokal. Hal tersebut  untuk meningkatkan kesejahteran para petani yang ada di Kabupaten Merangin,  namun untuk para petani agar lebih giat lagi membudiya dan menanam.(mg02).






BERITA BERIKUTNYA

loading...