Sehari Hasilkan 75 Ton Sampah

Senin, 26 Maret 2018 - 14:00:25 WIB

Istimewa

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Volume sampah yang dihasilkan masyarakat khususnya wilayah kota Bangko cukup fantastis. Buktinya data dari Dinas Lingkungan Hidup Merangin menyebutkan jika masyarakat wilayah Kota Bangko perharinya menghasilkan sampah mencapai 75 Ton.

Artinya, pihak Lingkungan Hidup perhari terus mengambil semua sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Namun jumlah itu belum termasuk sampah dari Pamenang.  Muara Delang dan Tabir masing-masing wilayah menghasilkan 3,5 Ton sampah.

Hal ini diungkapkan Kabid Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Merangin, Sunarto. Bahwasannya, diungkapkan Sunarto setiap harinya pihak TPA Langling terus mengolah 75 ton sampah. Sampah itu mulai dari sampah kering, basah dan besi-besian.

“Semua pemasukan sampah ke TPA terus terdata semua. Produksi TPA Langling setiap harinya harus mengolah sebanyak 75 Ton sampah,” sebutnya.

Jika dipilah-pilah aktivitas pemulung di TPA Langling bisa mendapatkan kurang lebih 5 ton perminggu untuk sampah plastik. Selain itu, dalam melayani pengangkutan sampah yang dihasilkan masyarakat. Sunarto menyebutkan pihaknya mengerahkan 15 unit mobil. Dimana rata-rata mobil tersebut mengangkut 3 ton sampah. Perhitungan volume sampah yang dihasilkan masyarakat ini ungkapnya dirata-ratakan satu keluarga menghasilkan 2 Kg sampah perrumah tangga.

Namun, jika sampah juga didistribusikan dari wilayah perdesaan. Tentunya volume sampah itu bisa lebih banyak. Sebab saat ini, masyarakat di desa banyak mengolah sampah secara mandiri, baik dibakar ataupun di timbun.

Selain itu, ia mengatakan dalam melayani pengangkutan dan pengambilan sampah serta kebersihan pertamanan di Kota Bangko. Pihaknya memiliki personil mencapai 200 orang. Jumlah pekerja itu dibagi dalam berbagai kegiatan, mulai dari petugas pengangkut sampah, petugas taman, petugas sapu, supir termasuk pengawas. Petugas ini juga disebar ke Pamenang dan Tabir.

“Setiap hari, petugas ini selalu bekerja sesuai dengan tanggungjawab perwilayah yang sudah ditetapkan,” pungkasnya. (din)






BERITA BERIKUTNYA

loading...