Tak Beraktivitas di Hulu Dam Betuk

PETI Dideadline 1 Pekan

Rabu, 21 Maret 2018 - 19:48:32 WIB

KERUH : Kondisi air yang ada di keramba ikan Dam Betuk tampak keruh. Hal ini disinyalir akibat adanya aktivitas PETI di hulu Dam Betuk.
KERUH : Kondisi air yang ada di keramba ikan Dam Betuk tampak keruh. Hal ini disinyalir akibat adanya aktivitas PETI di hulu Dam Betuk. W Kasto/Bangko Independent

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Aktifitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Objek wisata Dam Betuk Desa Tambang Baru Kecamatan Tabir Lintas hingga kini masih beroperasi. Bahkan para pelaku PETI tampaknya tidak jera dengan operasi pemberantasan aktivitas PETI yang dilakukan pihak berwajib. 

Informasi yang dihimpun Bangko Independent Selasa (20/3) kondisi air Dam Betuk hingga kini sudah mengalami kekeruhan. Malahan akibat kondisi air tersebut, ikan yang berada didalam keramba budidaya di lokasi tersebut banyak yang mati. Disinyalir, hal ini disebabkan lantaran air tersebut mulai dicemari limbah PETI.

"Sekarang ini ikan di kerambah banyak yang mati. Ini akibat air keruh akibat PETI di hulu Dam Betuk,” ujar salah satu warga setempat yang enggan disebutkan Namanya saat dibincangi Selasa (20/3).

Terpisah Danramil Tabir Kapten Inf Suhari saat dibincangi mengatakan untuk mengatasi pelaku PETI di wilayah hulu Dam Betuk tersebut, sudah jauh hari pihaknya memberikan himbauan kepada warga agar tidak melakukan aktivitas PETI. "Himbauan sudah lakukan dan sudah memerintahkan Babinsa untuk segera diberikan peringatan kepada seluruh pelaku PETI yang lokasinya di hulu sungai yang aliran airnya mengalir ke Dam Betuk," ungkap Suhari. 

Bahkan pihaknya juga memberikan kesempatan dalam sepekan kedepan atau mulai dari 17 - 23 Maret. Agar dalam waktu sepekan itu pelaku PETI tidak lagi beraktifitas di hulu Dam Betuk.

"Apabila tidak mengindahkan himbauan kita, maka prosedur hukum akan kita lakukan," tegasnya. 

Selain itu, Suhari menyebutkan sejak saat ini sebaiknya para pekerja PETI di hulu Dam Betuk untuk tidak melakukan aktivitas. "Dam Betuk ini ikon wisata kita dan tempat petani membudidaya ikan maka kita harapkan pekerja dan pelaku PET tidak lagi beraktivitas," pungkasnya. (mg02)






BERITA BERIKUTNYA

loading...