Dinas KPKP DKI: Peredaran Telur Palsu Hoax!

Selasa, 20 Maret 2018 - 17:26:11 WIB

 Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP mengecek telor di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Selasa (20/3). (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP mengecek telor di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Selasa (20/3). (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama PD Pasar Jaya telah melakukan pengecekan terhadap telur ayam yang diduga palsu. Hal itu menindaklanjuti video viral di media sosial terkait telur ayam palsu yang ditemukan di PD Pasar Jaya Pasar Johar Baru.

Laporan tersebut diterima Pemprov DKI Jakarta pada Rabu (14/3) lalu. Kemudian berselang satu hari langsung dilakukan penindakan dengan turun langsung ke Pasar Johar Baru untuk pengambilan sampel.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP Sri Hartati memastikan video tersebut tidak benar. Telur yang dijual pada pasar itu asli dan telah dibuktikan dengan pengujian laboratorium.

"Pada hari ini kami ingin menyatakan pada masyarakat untuk merasa aman bahwa tidak ada peredaran telur palsu," tegasnya saat konferensi pers di Pasar Induk Kramat Jati, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Selasa (20/3).

Pada kesempatan itu, Sri bersama jajaran dan PD Pasar Jaya juga menunjukkan pengecekan secara langsung di hadapan awak media dan masyarakat yang hadir. Berdasarkan penelitian secara fisik, telur yang diduga palsu itu tidak memiliki satu pun ciri-ciri telur palsu. Selain tes fisik, secara tes DNA juga tidak terbukti jika telur tersebut palsu.

"Kita sudah lakukan uji di laboratorium secara DNA, jadi memang secara fisik mirip, tapi secara DNA mengatakan bahwa itu positif dari ayam asli," kata Sri usai melakukan pengecekan.

Dengan adanya dua pengujian tersebut, Sri menyimpulkan bahwa video itu hoax. Dia pun meminta warga Jakarta tak usah khawatir untuk tetap konsumsi telur meski di tengah-tengah ramainya isu telur palsu.

"Jadi yang dilaporkan dan disangkakan beberapa kelompok yang mengatakan itu bukan telur ayam, itu tidak benar," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Usaha dan Pengembangan PD Pasar Jaya Anugrah Esa meminta warga Jakarta untuk lebih bijak menghadapi isu-isu mengenai telur palsu yang tengah berkembang hingga meresahkan warga.

"Kami minta seluruh warga DKI lebih bijak hadapi medsos dari hasil pemeriksaan bahwa telur yang kita distribusikan pangan murah adalah telur asli dan kualitas sangat baik," tutur Anugrah pada kesempatan yang sama.

(ce1/yes/JPC)






BERITA BERIKUTNYA

loading...