14 Mapel Dikut Sertakan USBN

Selasa, 20 Maret 2018 - 09:37:28 WIB

UJIAN : Siswa SMKN 1 Merangin melaksanakan USBN yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018, tampak para panitia pelaksana sedang memilah soal ujian./WAHYUNI OMEGA/BANGKO-INDEPENDENT.COM-
UJIAN : Siswa SMKN 1 Merangin melaksanakan USBN yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018, tampak para panitia pelaksana sedang memilah soal ujian./WAHYUNI OMEGA/BANGKO-INDEPENDENT.COM-

BANGKO-INDEPENDENT.COM-MERANGIN -  Siswa kelas XII SMKN 1 Merangin laksanakan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN).  Ujian tersebut meliputi 14 mata pelajaran (Mapel), pelaksanaan ujian tersebut pada 19 sampai 25 Maret 2018 dengan berbasis kertas dan Pensil. 

 

Sekretaris panitia pelaksana,  Ferilita Rachmi mengatakan pelaksanaan Ujian Sekolah saat ini berbeda dengan tahun lalu, hal tersebut adanya tambahan Mapel yang diujikan kepada siswa. Sedangkan saat ini berjumlah 14 jenis soal yang harus dikerjakan. 

 

"Jumlah Mapel yang ujikan,  yaitu Matematika, Bahasa Indonesia,  Bahasa Inggris, IPA, IPS, Pkn, PJOK, Seni Budaya, Agama, Kewirausahaan, Keterampilan Komputer (KKPI), Fisika, Kimia, dan Dasar program keahlian," jelasnya. 

 

Dijelaskan, untuk jumlah soal USBN berjumlah 40 pilihan ganda dan 5 soal esai. Hal ini tentu membuat beban para siswa yang harus menguras kesiapan untuk melaksanakan ujian selama satu minggu, yang sebelumnya telah melaksanakan ujian praktek dengan jumlah 7 Mapel.  

 

"Tentu hal ini menjadi beban para siswa dibandingkan tahun lalu,  karena tahun ini untuk ujian praktek juga kita laksanakan," ungkapnya. 

 

Pasalnya, bahwa untuk tahun lalu hanya tiga Mapel yang ada pada Ujian Sekolah, tambahan tersebut menurutnya  

Karena adanya arah pada mutu kelulusan siswa, serta pada penyusunan   soal juga mengikuti kriteria standar. 

 

"Kalau tahun lalu US hanya Agama, Pkn, dan KKPI saat ini berubah menjadi USBN dan 14 Mapel di ikut sertakan untuk meningkatkan mutu dan menyesuaikan kriteria standar," tutur Ferilita. 

 

Ditambahkan,  oleh Kepala SMKN 1 Merangin Herizon Akbar,   jumlah siswa SMKN 1 Merangin jumlah peserta USBN saat ini yaitu 277 siswa, serta ada satu sekolah yang menginduk yakni SMK IT DARI salam dengan 29 siswa. Dengan harapan pelaksanan ujian tersebut bisa berjalan dengan lancar,  dan bisa mendapatkan nilai sesuai dengan ketuntasan. 

 

"Untuk peserta ujian saat ini hadir semua apa pelaksanaan ujian pertama, dan ada sekolah yang menginduk karena mereka belum terakreditasi, mudahan semua lancar karena ini merupakan kerja tim,  sehingga siswa kita bisa mendapatkan ijazah dengan nilai yang memuaskan," pungkasnya. (mg01) 






BERITA BERIKUTNYA

loading...