Pasangan Kamu Selingkuh, Ini Alasannya Menurut Ilmuwan

Minggu, 12 Agustus 2018 - 17:02:27 WIB

 Sekarang, para ilmuwan telah mengungkapkan delapan alasan utama mengapa beberapa orang tidak setia (BBC)
Sekarang, para ilmuwan telah mengungkapkan delapan alasan utama mengapa beberapa orang tidak setia (BBC)

Para ilmuwan mengungkapkan delapan alasan utama mengapa orang-orang berbuat curang pada pasangan mereka. Curang atau selingkuh adalah hal yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang, mengetahui pasangannya telah berkhianat.

Sekarang, para ilmuwan telah mengungkapkan delapan alasan utama mengapa beberapa orang tidak setia. Para peneliti dari University of Maryland mensurvei sebanyak 562 orang dewasa yang mengaku tidak setia saat berada dalam hubungan yang mereka jalin. Sekalipun hubungan mereka teramat romantis di mata orang lain.

Dr Dylan Selterman, yang memimpin penelitian ini, mengatakan, meskipun preferensi perselingkuhan sangat luas, belum ada banyak penelitian spesifik tentang apa yang membuat orang berlaku curang terhadap pasangannya. “Melalui penelitian ini, para dokter juga mungkin menganggapnya berguna untuk melayani pasien mereka nantinya,” ujarnya seperti dilansir Mirror, Sabtu, (11/8).

“Memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang memotivasi orang untuk terlibat dalam perselingkuhan dapat membantu pasangan memperbaiki hubungan mereka setelah terjadi perselingkuhan. Lebih jauh bahkan dapat membantu mereka mencegah terjadinya perselingkuhan,” ungkapnya.

Peserta diminta hampir 80 pertanyaan, yang memungkinkan para peneliti untuk mengidentifikasi delapan alasan umum bahwa mereka telah melakukan perselingkuhan.

Hasilnya mengungkapkan, laki-laki lebih cenderung melaporkan termotivasi untuk selingkuh lantaran hasrat seksual, variasi dan kekuatan situasional, sementara perempuan lebih mungkin termotivasi oleh kelalaian.

Mereka mengatakan, keragaman motivasi yang terkait dengan perselingkuhan menunjukkan hal itu dapat terjadi pada siapa pun. Bahkan pasangan dalam hubungan yang tampaknya stabil.

Dr Selterman menambahkan, “Kita sering mendengar bahwa perselingkuhan adalah gejala, bukan penyebab, dari hubungan yang rusak. Penelitian kami menunjukkan itu tidak sesederhana itu. Orang-orang menipu karena berbagai alasan, banyak di antaranya tidak mencerminkan langsung dari kesehatan suatu hubungan,” katanya.

Dari penelitian tersebut akhirnya terungkap bahwa delapan alasan teratas mengapa orang selingkuh antara lain sebagai berikut :

1. Kemarahan. Terjadi lantaran ingin membalas dendam atas pengkhianatan pasangan mereka.

2. Hasrat seksual. Merasa tidak puas dengan seks dalam suatu hubungan dan ingin mencoba sesuatu yang baru.

3. Kurangnya cinta. Kehilangan gairah atau minat pada pasangan.

4. Merasa diabaikan. Tidak menerima cukup cinta, rasa hormat, dan perhatian dari pasangan mereka.

5. Rendahnya komitmen. Satu pasangan tidak berkomitmen seperti yang lain, atau kedua pasangan tidak memahami bahwa hubungan itu eksklusif.

6. Situasi. Hal ini terjadi mencakup skenario di luar keadaan normal seseorang, seperti mabuk, berlibur, atau di bawah tekanan tinggi.

7. Harga diri. Berusaha meningkatkan harga diri dengan melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan.

8. Variasi hubungan. Alasan terakhir ini mungkin agak aneh. Ya, orang melakukan perselingkuhan lantaran ingin mengalami seks dengan sebanyak mungkin pasangan.

(ryn/JPC)






BERITA BERIKUTNYA

loading...