Janiko : Sudah di Cek ke MK

Pilkada Merangin Tanpa Gugatan

Rabu, 11 Juli 2018 | 11:42:44 WIB

MENANG : Paslon Al Haris – Mashuri (Hamas) saat menyapa dengan salam dua jari pada perhelatan Pilkada beberapa waktu lalu. Dipastikan jika Paslon Hamas akan diumumkan sebagai pemenang Pilkada Merangin.
MENANG : Paslon Al Haris – Mashuri (Hamas) saat menyapa dengan salam dua jari pada perhelatan Pilkada beberapa waktu lalu. Dipastikan jika Paslon Hamas akan diumumkan sebagai pemenang Pilkada Merangin.

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Pelaksanaan Pilkada di Merangin berjalan dengan aman dan kondusif. Bahkan saat ini pihak KPU Merangin juga sudah melakukan pengecekan ke Makamah Konstitusi (MK) terkait sejumlah gugatan Pilkada Merangin.

Namun ternyata, di MK tersebut tidak ada satupun gugatan yang masuk dari Pilkada Merangin. Alhasil, bisa dipastikan jika pihak KPU Merangin segera akan mengumumkan pemenang Pilkada Merangin.

Diketahui, pada perhelatan Pilkada Merangin, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin H Al Haris -Mashuri (Hamas) unggul dan meraih suara terbanyak. Jika tidak adanya gugatan ke MK, dipastikan Pasangan Hamas akan diumumkan menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Tidak adanya gugatan ke Makamah Konsitusi (MK) RI ini di kroscek setelah 3 x 24 jam pasca hasil rekapitulasi tingkat kabupaten diumumkan. Tidak adanya gugatan itu dikatakan Komisioner KPU Merangin, Janiko kepada Bangko Independent Selasa (10/7). Ia menyebutkan KPU sudah mengecek ke MK RI bahwa Pilkada Merangin tanpa gugatan.

“Kita sudah cek ke MK, Pilkada Merangin tidak ada yang mengugat. Untuk gugatan itu sendiri berakhir di Minggu (8/7) lalu. Jadwalnya 3 x 24 jam pasca ditetapkan hasil rekap tingkat kabupaten. Setelah kita lihat tidak ada yang melayangkan gugatan ke MK,” ujar Janiko.

          Akan tetapi KPU belum bisa mengumumkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin terpilih. Hal ini masih menunggu adanya penjelasan dari MK mengenai hasil Pilkada Provinsi, Kabupaten/kota serentak seluruh Indonesia.

          “Kami KPU masih menunggu keputusan dari MK, dimana dalam penjelasannya kolegtif pemenang Pilkada. Penjelasan itu mengenai provinsi dan kabupaten, jadi kita masih menunggu keputusan itu,” kata Janiko.

Ditanya mengenai tiga wilayah dalam Provinsi Jambi yang mengelar Pilkada, akankah berpengaruh jika salah satunya melakukan gugatan berimbas kepada Pilkada Merangin, Janiko menyebutkan tidak ada pengaruh terhadap putusan dari MK. “Imbasnya tidak ada, jika ada salah satu yang mengugat tentu pengumuman pemenang Pilkada didaerahnya akan dimundur, kalau untuk Merangin menunggu penjelasan dari MK, jadi tidak ada imbasnya,” kata Janiko.

Lalu kapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan diumumkan, Janiko menyebutkan putusan MK terhadap wilayah yang mengelar Pilkada serentak seluruh Indonesia dikeluarkan akhir Juli.

“Informasi yang kami terima MK akan mengeluarkan 23 Juli ini. Setelah itu keluar kita akan umumkan dan pengesahan Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” pungkasnya. (mg03)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...