Jika tak Lengkapi Berkas

Caleg Terancam Digugurkan

Rabu, 11 Juli 2018 | 11:39:36 WIB

BANGKO-INDEPENDENT.COM-Bagi warga yang ingin mencalonkan diri menjadi anggota legislatif pada Pileg 2019, hendaknya melengkapi semua berkas persyaratan pencalonan diri ke KPU. Jika tidak berkas akan dikembalikan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merangin mengingatkan kepada seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 beserta para bakal calon anggota legislatifnya. Hal ini agar memenuhi persyaratan pendaftaran Caleg yang diatur dalam PKPU Nomor 20 tahun 2018. 

Salah satu poin penting di PKPU tersebut mengatur mengenai larangan mantan koruptor maju sebagai Caleg. Aturan itu tertera pada Pasal 7 Ayat 1 huruf h yang berbunyi ‘Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak atau korupsi’.

Komisioner KPU Merangin, Janiko Selasa (10/7) kepada Bangko Independent mengatakan syarat pencalonan anggota legislatif tidak lengkap akan dikembalikan kepada Parpol yang menjadi perahu politik Caleg tersebut.

“Kita minta seluruh Parpol dan calon untuk melengkapi semua berkas pencalonan sebagaimana yang tertuang didalam aturan. Jika tidak lengkap berkas pencalonannya akan kita kembalikan. Jadi semuanya harus lengkap,” ujar Janiko.

“Didalam aturan itu ada beberapa poin sangat penting yang harus dilengkapi. Didalam aturan tersebut juga dibunyikan mantan nara pidana narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi, tidak bisa mencalonkan,” katanya.

 Caleg yang sudah memenuhi syarat belum bisa dikatakan sebagai calon seutuhnya. Pasalnya, Caleg akan diumumkan ditengah masyarakat untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat mengenai pencalonannya menjadi anggota DPRD.

“Calon harus terdaftar di DPT, pengambilan berkas bisa di KPPS dan KPU dan harus mengurus admistrasi. Nanti setelah semuanya mendaftar akan diumumkan untuk melihat tanggapan dari masyarakat,” kata Janiko.

Untuk syarat lainnya, Caleg harus berumur 21 tahun setelah penetapan DPT, memiliki ijazah SMA atau setara, terdaftar dalam DPT, melampirkan SKCK, tes kesehatan bebas dari narkoba, gangguan jiwa, surat dari pengadilan serta terdaftar di partai politik.

 KPU sendiri telah mempersiapkan pelaksanaan tahapan pengajuan bakal calon Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019 seperti formulir-formulir pencalonan dan daftar rumah sakit yang memenuhi syarat sebagai tempat pemeriksaan kesehatan dalam rangka pemenuhan syarat calon.

Adapun pendaftaran bakal calon anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten atau kota untuk Pemilu 2019 akan dibuka mulai 4 - 17 Juli 2018, pendataran Caleg oleh partai politik melalui Silo. (mg03)

 






BERITA BERIKUTNYA

loading...